menyusun tugas

Hai sobat studytech…

Bertemu lagi ni sama mimin dalam pembahasan yang tentunya ga kalah menarik dengan pembahasan artikel sebelumnya. Pada artikel kita kali ini kita bakalan membahas tentang cara menyusun tugas akhir yang berkualitas. Sangat menarik kan sobat, apalagi buat kalian mahasiswa yang mengambil jejang perkuliahan diploma maupun sarjana pasti pembahasan kali ini bakalan menarik banget buat kalian ni.

Dalam proses kelulusan sobat pastinya harus membuat sebuah tugas akhir atau kalau di tingkat sarajana biasanya disebut skripsi. Sebenearnya skripsi dan tugas akhir itu hampir sama hanya saja pada tugas akhir mahasiswa diharuskan untuk menciptakan sebuah karya atau memiliki hasil berupa produk untuk dicantumkan dalam laporan tugas akhir. Sedangkan, pada skripsi boleh hanya membahasan perencanaan atau perancangan suatu aplikasi yang tidak harus berupa suatu produk, biasanya hanya berbentuk jurnal ataupun artikel.

Menyusun tugas akhir adalah langkah penting dalam perjalanan proses pendidikan tinggi yang membutuhkan dedikasi dan keterampilan yang matang. Untuk memastikan tugas akhir mencapai tingkat kualitas yang diinginkan, tentunya mahasiswa perlu mengikuti panduan yang terstruktur. Biasanya beberapa kampus atau bahkan hampir seluruh kampus memberikan panduan dan template untuk penulisan Tugas akhir atau TA.

Tentunya dalam penulisan tugas akhir yang baik sobat perlu mengetahui bagaimana cara menulis tugas akhir yang berkualitas agar cepat di acc oleh dosen pembimbing. Untuk menyusun tugas akhir yang berkualitas, terdapat beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah 10 cara menyusun tugas akhir yang berkualitas,

10 Cara Menyusun Tugas Akhir Yang Berkualitas

menyusun tugas

Sekaarang kita berada pada inti dari pemabahasan nih, yang pastinya kalian tunggu-tunggu disini mimin bakalan memabahas cara menyususn tugas akhir yang berkualitas,

1. Pemilihan Topik yang Relevan dan Menarik

Cara menyusun tugas akhir yang pertama adalah dengan menentukan pemilihan topik yang tepat adalah langkah pertama yang krusial. Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan keahlian pribadi. Pemilihan topik yang sesuai dan menarik juga akan memudahkan dalam proses penulisan dan membuat tugas akhir lebih berkualitas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk mendapatkan saran dan arahan lebih lanjut.

2. Perencanaan yang Matang

Cara menyusun tugas yang kedua adalah dengan merencanakan setiap tahap dengan matang, termasuk penelitian, pengumpulan data, analisis, dan penulisan. Tentukan batas waktu untuk setiap fase agar dapat mengelola waktu dengan efisien. Perencanaan yang matang akan membantu mencegah kebingungan dan stres yang tidak perlu.

Selain itu, perencanaan yang matang akan mempermudah sobat dalam merancang dan menyusun tugas sobat. Sobat bisa mempersingkat waktu dalam pengerjaan karena sobat telah merencanakan fase-fase tugas akhir sobat secara matang.

3. Penelitian yang Mendalam

Setelah melakukan perancanaan cara menyusun tugas selanjutnya adalah dengan melakukan penelitian yang mendalam untuk memperoleh landasan teoritis yang kuat. Manfaatkan perpustakaan, sumber literatur, dan database akademis. Pastikan untuk menyertakan referensi yang relevan dan mutakhir. Apalagi, di zaman serba teknologi ini sobat bisa memnafaatkan berbagai macam situs bahkan aplikasi yang akan mempermudah sobat dalam mencari refrensi atau rujukan-rujukan.

4. Pengumpulan Data yang Valid 

Jika tugas akhir melibatkan pengumpulan data, pastikan sobat menggunakan metode yang valid dan reliabel. Hindari bias dan pastikan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan penelitian. Mencari referensi dari sumber-sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku, dan publikasi akademis akan mendukung kualitas tugas akhir

5. Analisis Data yang Teliti

Setelah data terkumpul, lakukan analisis dengan cermat. Gunakan metode analisis yang sesuai dengan jenis data yang sobat miliki. Hasil analisis yang teliti akan memberikan dasar yang kuat untuk pembahasan dalam tugas akhir. Dengan melakukan analisi data secara teliti dalam menyusun tugas akhir sobat mampu lebih menarik dosen pebimbing untuk segera meng acc tugas akhir miliki sobat karena tugas yang dilandasi dengan data-data yang baik maka membuat nilai plus pada tugas akhir tersebut.

6. Struktur Tugas Akhir yang Jelas

Susunlah tugas akhir dengan struktur yang jelas, dimulai dari pendahuluan yang menggoda, rumusan masalah, tujuan, dan batasan penelitian. Bagian utama sebaiknya terorganisir dengan runtut, dan kesimpulan harus memberikan ringkasan yang kuat.

7. Bahasa Ilmiah yang Tepat

Pilihlah bahasa yang sesuai dengan norma penulisan ilmiah. Hindari penggunaan bahasa yang informal dan pastikan setiap klaim didukung oleh referensi yang valid. Perhatikan aturan tata bahasa dan gaya penulisan yang berlaku.

8. Review dan Koreksi Terus-menerus

Sebelum mengumpulkan tugas akhir, lakukan review terus-menerus. Periksa tata bahasa, struktur kalimat, dan kelogisan argumen. Mintalah masukan dari teman atau dosen untuk mendapatkan sudut pandang tambahan dan saran perbaikan. Proses penelitian yang teliti dan sistematis akan mendukung validitas dan kualitas tugas akhi

Melibatkan dosen pembimbing dalam proses penyusunan tugas akhir akan memberikan arahan dan masukan yang berguna untuk meningkatkan kualitas tugas akhir

9. Pahami Pedoman Penulisan

Memahami pedoman penulisan tugas akhir, termasuk struktur, format, dan gaya penulisan yang sesuai, akan membantu menyusun tugas akhir dengan baik. Memperhatikan tata bahasa, struktur kalimat, serta penyusunan keseluruhan tugas akhir dengan baik akan meningkatkan kualitas tulisan akhir

10. Gunakan Aplikasi dan Website Pendukung

Manfaatkan berbagai aplikasi dan website yang dapat membantu dalam penelusuran referensi, pengelolaan waktu, dan penyusunan tugas akhir. mimin punya beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa sobat gunakan dalam penyusunan tugas akir sobat. Ini dia beberapa apilkasi dan website yang mimin rekomendasikan,

1. Mendeley

mendeley

Dalam menyusun tugas akir pastinya sobat mncantumkan sumber pada daftar pustaka. Na, denan menunakan mendeley ini sobat dapat mempercepat pekerjaan sobat dalam membuat daftar pustaka. Mendeley merupakan salah satu aplikasi yan wajib untuk mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, tuas akir ataupun skripsi dan tesis. Mendeley ini akan membantu sobat dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan menggunakan Mendeley sobat akan dimudahkan saat membuat sitase dan daftar pustaka lho, sobat tidak usah lagi membuat secara manual yang ribet dan sulit.

Mendeley saat ini yang tersedia dalam 2 versi, yaitu Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis dan sangat kompatibel dengan program pengolahan kata MS Word (2003, 200, 2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex.

2. Publish or Perish

Publish or Perish

Publish or Perish merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh para peneliti untuk mengukur berdasarkan jumlah dan dampak publikasi jurnal yan sama denan mereka. Selain itu aplikasi ini jua beruna untuk mencari refrensi artikel ataupun jurnal sesuai denan tema pada artikel kita.

Aplikasi ini memanfaatkan data dari Google Scholar untuk memberikan statistik tentang karya ilmiah seseorang, termasuk jumlah publikasi, indeks sitasi, dan faktor dampak jurnal tempat artikel-artikel tersebut diterbitkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, peneliti dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa sering karya-karya mereka dikutip oleh peneliti lain dan seberapa besar dampaknya dalam komunitas ilmiah.

3. Google Scholar

Download Google Scholar Logo PNG and Vector (PDF, SVG, Ai, EPS) Free

Google Scholar adalah sebuah layanan dari Google yang menyediakan mesin pencari khusus untuk literatur ilmiah, termasuk artikel jurnal, makalah konferensi, tesis, buku, dan laporan penelitian. Fungsi utama dari Google Scholar adalah mempermudah pengguna untuk menemukan literatur ilmiah dan penelitian di berbagai bidang pengetahuan.

Selain itu, Google Scholar juga berfungsi memungkinkan pengguna untuk mencari literatur ilmiah dengan menggunakan kata kunci tertentu, menampilkan indeks sitasi, menyediakan tautan langsung ke full-textnya, mendukung pencarian lanjutan dan filter berdasarkan tahun publikasi, penulis, dan publikasi ilmiah tertentu, tersedia dalam banyak bahasa,

4. Perplexity

Perplexity

Menyusun tugas akhir yang berkualitas membutuhkan perhatian pada detail dan kerja keras. Dengan mengikuti delapan langkah di atas, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas tugas akhir mereka dan meninggalkan kesan yang positif pada dosen penguji. Semoga panduan ini membantu dalam perjalanan akademis Anda menuju sukses. Selamat menulis tugas akhir yang brilian!

Nah itu tadi pembahasan tentang 10 cara menyusun tugas akhir yang berkualitas. Intinya sobat harus pandai-pandai dalam memanfaatkan teknologi yang ada di sekitar sobat saat ini. Sobat bisa mencari banyak refrensi jurnal maupun artkel di internet zaman sekarang ini. Buat sobat yang udah mulai mau menyusun tugas akhir semangat yaa semoga cepat di acc. See you di anrtikel selanjutnya sobat…

Untuk artikel lainnya baca selengkapnya.