peluang karir

Hai sobat studytech…

Bertemu lagi ni sama mimin dalam pembahasan yang tentunya ga kalah menarik dengan pembahasan artikel sebelumnya. Pada artikel kita kali ini kita bakalan membahas tentang Peluang Karir Data Analis yang Harus Diketahui Sebagai Mahasiswa Ilmu Komputer. Sangat menarik kan sobat, apalagi buat kalian mahasiswa ilmu komputer pasti pembahasan kali ini bakalan menarik banget buat kalian ni.

Dalam era digital ini, data telah menjadi aset berharga yang dapat mengubah cara kita bekerja dan membuat keputusan. Dengan ledakan data yang terus meningkat, permintaan untuk para profesional analisis data juga semakin meningkat. Salah satu peluang karir yang tengah naik daun adalah menjadi seorang data analis. Artikel ini akan membahas peluang karir yang luas di bidang analisis data dan mengapa menjadi seorang data analis bisa menjadi langkah cerdas dalam membangun karir di dunia teknologi informasi sekarang ini.

Peluang Karir : Pengertian Data Analis

peluang karir

Sebelum masuk pada pembahasan inti seperti biasanya kita akan memeberikan sedikit pemaparan berkaitan dengan pengertian data analisis, supaya bagi sobat yang belum begitu paham tentang data analisis akan terbuka wawasannya untuk memahami scara general isi dari pembahasan artikel pada kali ini.

Analisis data atau data analis adalah proses pengolahan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna, yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Proses ini meliputi kegiatan pengelompokkan data berdasarkan karakteristiknya, melakukan pembersihan data, mentransformasi data, dan membuat model data untuk menemukan informasi penting dari data tersebut.

Menurut Wikipedia, analisis data adalah proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi, dan pemodelan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna, memberikan kesimpulan, dan mendukung pengambilan keputusan. Dengan demikian, analisis data merupakan langkah penting dalam pengolahan data yang dapat memberikan wawasan dan mendukung pengambilan keputusan.

Peluang Karir : Gaji Data Analis

peluang karir

Dilansir melalui Revou, Prospek gaji data analyst cukup menjanjikan. Alumni RevoU Full Stack Data Analytics buka-bukaan soal gaji yang mereka peroleh selama bekerja sebagai data analyst di berbagai industri, mulai dari e-commerce, online media, telekomunikasi, banking, sampai consulting firm.

Berdasarkan beberapa sumber, gaji data analis di Indonesia bervariasi tergantung pada pengalaman dan perusahaan tempat bekerja. Berikut adalah perkiraan gaji data analis di Indonesia:

– Gaji rata-rata untuk Data Analyst adalah Rp 5.016.243 per bulan di Indonesia.
– Fresh graduate dapat mengharapkan gaji awal antara 8-15 juta rupiah per bulan, sementara bagi mereka yang berpengalaman gaji bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan.
– Berdasarkan beberapa perusahaan besar di Indonesia, gaji data analyst berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 20.900.000 per bulan.
– Gaji data analyst di luar negeri dapat sangat bervariasi dari satu negara ke negara. Sebagai contoh, menurut Hays Salary Guide 2022/2023, pendapatan tahunan rata-rata untuk data analyst di Australia berada di kisaran USD 90.000.

Perlu diingat bahwa gaji data analis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pengalaman, lokasi, ukuran perusahaan, dan industri tempat mereka bekerja. Bagaimana dengan gaji yang didapatkan pasti sobat tergiur kan dengan peluang karir pada bidang ini. Peluang karir data analis akan terus dibutuhkan dan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

Peluang Karir Data Analis

Masuk kedalam inti pembahasan yaitu peluang karir pada bidang data analis. Peluang karir data analis sangat besar karena permintaan ini di berbagai bidang dan sektor baik dibutuhkan pada suatu instansi perusahaan maupun instansi lainnya. Berikut adalah beberapa peluang karir data analis yang sudah mimin rakum khusus buat sobat study tech nihh…

1. Entry-Level

Jika sobat adalah seorang data analis yang masih bisa dibilang pemula, maka sobat akan memulai karir dengan menempati posisi entry-level terlebih dahulu atau biasa disebut junior data analyst.

Di sini, sobat bertanggung jawab untuk mengekstrak data, data cleaning, analisis data, dan membagikan hasil temuan data tersebut kepada pihak-pihak yang membutuhkan, misalnya tim marketing atau sales. Pada bagian entry-level ini sobat harus bisa memahami beberapa hal-hal berikut,

  • Tools visualisasi data (seperti Excel, Tableau, PowerBI).
  • Pengetahuan dasar ilmu data dan statistik.
  • Pengetahuan dan keahlian tentang SQL.

Selain itu sobat juga memiliki beberapa tangung jawab ketika sobat menduduki level entry-level ini atau level awal,

  • Mencatat informasi-informasi penting ke Tableau.
  • Mengembangkan aplikasi Java untuk otomatisasi file re-format.
  • Mengotomatisasi proses untuk menarik dan mengumpulkan data.
  • Menggunakan tools data analytics prediktif untuk menganalisis bisnis dan memperkirakan tren.
  • Melakukan ekstraksi, pemrosesan, manipulasi, dan penyimpanan data.

Pada level ini biasanya diisi oleh sobat yang baru saja masuk dalam bidang data analyst, bekerja di posisi entry-level seperti data entry, data clerk, atau junior data analyst.

2. Mid-Level

Jika sobat merasa telah memiliki cukup pengalaman di entry-level, sobat akan melanjutkan karir ke mid-level. Seberapa cepat karir menuju jenjang ini bervariasi, tergantung ukuran perusahaan dan apakah sobat dapat berkembang dengan cepat di organisasi itu.

Pada mid-level tentunya terdapat skill dan keterampilan yang harus sobat tingkat kan, seperti,

  • Mahir dalam SQL.
  • Memiliki 2 hingga 5 tahun pengalaman berkaitan dengan data.
  • Memahami pemrograman dengan baik dan memiliki pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman, seperti Python atau R. peluang karir
  • Memahami tantangan bisnis dan mampu menghadirkan solusi berbasis data yang bisa ditindaklanjuti.
  • Mengelola proyek analitik dari awal hingga akhir (integrasi data, analisis, pelaporan).

Agar memiliki gambaran lebih jelas, inilah beberapa tugas data analyst posisi mid-level:

  • Berkolaborasi dengan tim engineer dan tim produk lain untuk menguji teori dan menganalisis dampak peluncuran sebuah produk.
  • Menyampaikan wawasan, laporan, dan rekomendasi berdasarkan data statistik guna mendorong kesuksesan organisasi/perusahaan.
  • Membangun solusi inovatif bersama stakeholder dengan tujuan meningkatkan pendapatan perusahaan sekaligus mempertahankan aliansi.
  • Secara proaktif menyarankan project yang dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan, menentukan tujuan dan sasaran project, serta menyarankan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Setelah memiliki pengalaman di entry-level, sobat dapat berkembang menjadi data analyst mid-level. Di perusahaan ini, Anda akan bertanggung jawab untuk menganalisis data, membuat visualisasi data, dan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan berdasarkan data.

3. Senior Level atau Posisi Manajerial

Peluang karir data analyst memiliki jejang karir yang berkaitan erat dengan seberapa besar skill yang dimiliki seseorang. Semakin banyak skill dan pengalamannya, karir di bidang data analytics juga semakin naik.

Jika sobat telah menduduki posisi mid-level setidaknya 5 tahun, seorang data analyst bisa naik ke jabatan senior level. Di posisi ini, ia akan ketambahan tugas manajerial.

Untuk itu, perlu fokus mengembangkan skill leadership, tanpa meninggalkan skill teknis. Inilah beberapa tugas senior data analyst:

  • Mengarahkan, mengatur, dan memimpin semua proyek analisis data.
  • Menetapkan alur kerja data analytics, kriteria kualitas, dan metrik kinerja.
  • Mengelola desain teknis dan pengembangan alat analisis data baru.
  • Merekrut, mempekerjakan, dan melatih anggota tim baru dari tingkat junior ke atas.
  • Meninjau dan menyetujui rencana proyek.
  • Memastikan bahwa strategi analisis data sejalan dengan tujuan bisnis.

Sebagai senior data analyst, kamu diharuskan mengarahkan dan mengembangkan keahlian tim secara keseluruhan agar project yang dilaksanakan perusahaan bisa berjalan maksimal. Kamu juga berkewajiban untuk membangun komunikasi ke semua anggota tim dan memastikan mereka memahami peran masing-masing dengan jelas.

Dengan pengalaman yang lebih banyak, Sobat dapat berkembang menjadi data analyst senior atau posisi manajerial. Di perusahaan ini, Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola tim data, merancang strategi data, dan mengidentifikasi area yang memiliki potensi untuk pertumbuhan.

4. Spesialisasi

Beberapa orang mungkin memutuskan untuk menjajaki posisi manajerial, namun beberapa lainnya juga bisa mengambil jalur karir sebagai spesialis.

Di tahap spesialis, kamu akan mulai memilih dan mengasah keahlian di bidang tertentu sesuai keinginan, misalnya kamu ingin fokus mengelola data di bidang kesehatan, keuangan, machine learning, atau lainnya.

Mengingat banyaknya kebutuhan data analyst di hampir seluruh sektor industri, kamu dapat lebih mudah memilih sesuai bidang minat, seperti:

  • Financial analyst
  • Healthcare analyst
  • Machine learning analyst
  • Social data analyst
  • Insurance underwriting analyst
  • Digital marketing analyst
  • Systems analyst
  • Operations analyst

Sobat juga dapat memilih untuk membangun dan mengembangkan keterampilan spesialis dalam bidang data analyst, seperti menggunakan bahasa pemrograman Python atau R, atau mengkhusus pada analisis sentimen.

5. Transisi ke Data Scientist

Meski data analyst juga sering disebut data scientist, namun kedua istilah ini merupakan dua jalur karir yang berbeda.

Data analyst bekerja dengan data yang terstruktur untuk menyelesaikan permasalahan bisnis. Sementara data scientist terlibat dalam proses pengumpulan data sejak awal, saat semua data masih bercampur jadi satu.

Sebenarnya, transisi dari data analyst ke data scientist tidak sepenuhnya linier. Namun, jika ingin menjadi data scientist, kamu dapat menerapkan skill yang kamu pelajari sebagai data analyst. Nantinya, skill tersebut tinggal diperluas dan dipelajari lebih kompleks.

Sama halnya seperti data analystdata scientist juga bekerja di banyak industri. Kamu bisa menjadi senior data scientist, machine learning engineer, atau bahkan menduduki peran C-level.

Dengan pengalaman dan keterampilan yang lebih banyak, Anda juga dapat bertransisi menjadi data scientist, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam mengembangkan model predictive, mengidentifikasi pola, dan mengoptimalkan bisnis.

6. Konsultan

Apabila sudah berkarir selama setidaknya 6 atau 7 tahun di dunia data analytics, kamu dapat mengepakkan karir sebagai konsultan data analytics. Pada dasarnya, konsultan melakukan pekerjaan yang sama dengan data analytics, namun mereka memiliki berbagai klien berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.

Sebagai konsultan data analytics, nantinya kamu bertanggung jawab memberikan saran yang berkaitan dengan rencana perusahaan/klien.Oleh sebab itu, memiliki pemahaman yang kuat tentang data management system dan kemampuan strategic analytic adalah hal wajib.

Berikut beberapa tugas konsultan data analytics yang umum di dunia kerja:

  • Menganalisis data dari berbagai sumber untuk dijadikan wawasan yang bisa ditindaklanjuti dan direkomendasikan pada klien/stakeholder.
  • Merencanakan dan mengembangkan strategi marketing berdasarkan data yang sesuai dengan sasaran campaign.
  • Menganalisis dan membangun metode inovatif berhubungan dengan pengumpulan data klien.
  • Menjadi mitra bagi klien dengan membangun interaksi, memberikan saran, sekaligus mendukung mereka saat menjalani transformasi digital.

Anda juga dapat memilih untuk menjadi konsultan data analyst, di mana Anda akan membantu berbagai perusahaan dalam mengembangkan strategi dan pengambilan keputusan berdasarkan data.

Dalam beberapa tahun terakhir, peluang karir bidang data analyst telah menjadi posisi yang populer di berbagai bidang, mulai dari manufaktur hingga perbankan dan telekomunikasi. Selain itu, peluang karir data analyst di Indonesia sangat menjanjikan, karena ada pertumbuhan konstan dalam kebutuhan data analyst di seluruh dunia.

Nah itu tadi peluang karir data analisis yang sudah mimin rangkum dalam beberapa sumber. Nah gimana apa sobat tertarik untuk berkarir di bidang data analis yang tentunya memiliki peluang karir yang cukup besar. SObat bisa mencari sumber lain untuk pematangan sobat sebelum terjun dalam karir ini. Mungkin segini dulu pembahasan artikel pada kali ini. See you di next artikel sobat…

Baca selengkapnya.