mengikuti hackathon

Hai sobat studytech…

Bertemu lagi ni sama mimin dalam pembahasan yang tentunya ga kalah menarik dengan pembahasan artikel sebelumnya. Pada artikel kita kali ini kita bakalan membahas tentang Manfaat Mengikuti Hackathon yang Harus Diketahui Sebagai Mahasiswa Ilmu Komputer. Sangat menarik kan sobat, apalagi buat kalian mahasiswa ilmu komputer pasti pembahasan kali ini bakalan menarik banget buat kalian ni.

Hackathon sering kita jumpai karena ini adalah sebuah ajang kompetensi yang cukup besar pasti sobat ga asing dong ya dengan kata hackathon ini. Sebelum masuk ke inti pembahasan sobat udah tau belum nih hackathon tu apa sihh… Nah disini mimin bakalan membahas terlebih dahulu tentang pengertian hackathon agar sobat yang belum memahami hackathon dapat mengerti dan paham . Siapatau setelah sobat mengetahui apa itu hackathon sobat bakalan tertarik dan mengikuti hackathon nihh…

Pengertian Hackathon

mengikuti hackathon

Hackathon adalah acara di mana para pengembang perangkat lunak, desainer, dan orang-orang kreatif lainnya berkumpul untuk bekerja sama secara intensif selama periode waktu tertentu, biasanya beberapa hari, dengan tujuan untuk menghasilkan solusi inovatif atau proyek dalam bentuk perangkat lunak, aplikasi, atau prototipe lainnya.

Melansir HYPE, nama “hackathon” sendiri berasal dari kata “hack” yang digunakan dalam konteks ini untuk merujuk pada eksplorasi kreatif, pemecahan masalah, pengembangan dan “marathon” yang merujuk pada kecepatan dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Ciri Umum Hackathon

mengikuti hackathon

Sebelum sobat mengikuti hackathon sobat haru tau terlebih dahuli ni ciri umum hackathon seperti apa supaya ketika sobat mengikuti hackathon ini sobat tidak merasa kaget atau syok ketika mengetahuinya. Biasanya ciri umum ini sering juga disebut cara berkompetisi mengikuti hackathon. Berikut beberapa ciri umum dari hackathon yang perlu sobat ketahui sebelum mengikuti hacakthon:

  1. Durasi Terbatas, hackathon biasanya berlangsung dalam periode waktu yang singkat, seringkali antara 24 jam hingga beberapa hari. Batasan waktu ini mendorong para peserta untuk berfokus, bekerja efisien, dan menghasilkan solusi secara cepat.
  2. Tema atau Tantangan, sebagian besar hackathon memiliki tema atau tantangan tertentu yang menjadi fokus acara. Peserta diminta untuk membuat solusi kreatif yang berhubungan dengan tema tersebut.
  3. Tim Kolaboratif, peserta biasanya membentuk tim dan bekerja bersama-sama untuk mengembangkan proyek atau solusi. Tim dapat terdiri dari pengembang perangkat lunak, desainer, dan ahli dalam berbagai bidang, tergantung pada kebutuhan proyek.
  4. Presentasi dan Penilaian, pada akhir periode hackathon, setiap tim biasanya diharapkan untuk mempresentasikan hasil kerjanya kepada panel juri atau peserta lainnya. Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria tertentu, seperti inovasi, kualitas kode, dan kelayakan implementasi.
  5. Hadiah, beberapa hackathon menawarkan hadiah atau pengakuan bagi tim atau individu dengan solusi terbaik. Hadiah ini dapat berupa uang tunai, peralatan teknologi, atau peluang lainnya.

Hackathon sering kali menjadi ajang untuk menguji kreativitas, meningkatkan keterampilan teknis, dan mempromosikan kolaborasi antarindustri. Acara ini dapat diadakan untuk berbagai tujuan, termasuk pengembangan produk baru, pemecahan masalah tertentu, atau bahkan promosi inovasi di dalam suatu organisasi.

Daftar Hackathon di Indonesia

Nah, buat sobat yang tertarik mengikuti hackahon dan bingung hackathon ada apa aja sii. Disini mimin bakalan memeberikan daftar hackathon yang ada di Indonesia dan tentunya sangat rekomend buat sobat yang ingin mendaftar dan mengikuti hackathon. Nah, berikut ini adalah daftar beberapa hackathon bergengsi yang pernah ada,

1. BRI Hackathon

mengikuti hackathon
Sumber : Algoritma Data Science School

BRI Hackathon merujuk pada suatu hackathon yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) di mana para peserta mencoba mengembangkan ide dan solusi inovatif dalam konteks perbankan atau industri keuangan. Acara semacam itu dapat mencakup tantangan atau topik tertentu yang berfokus pada perbaikan atau pengembangan layanan keuangan, teknologi perbankan, keamanan informasi, atau aspek lain dari industri perbankan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terkini tentang BRI Hackathon atau acara serupa yang diadakan oleh Bank Rakyat Indonesia, mimin sarankan sobat untuk mengunjungi situs web resmi bank atau mengikuti saluran media sosial resmi mereka. Informasi terbaru tentang acara-acara semacam itu biasanya tersedia di akun-akun mereka ya sobat.

2. Fordigi Hackathon

Sumber : Instagram info.lomba

Fordigi hackathon ini merupakan salah satu event yang diselengarakan oleh BUMN atau biasa disebut Komunitas Digital Talent BUMN. Dilansir melalui situ websit Fordigi, sebelumnya dikenal dengan nama Forti BUMN (Forum Teknologi Informasi BUMN) dan terbentuk pada tahun 2011, adalah mitra Kementerian BUMN dalam mengembangkan ekosistem dan talenta digital berstandar global di BUMN. Fordigi didukung oleh Kementerian BUMN untuk mengoordinasi dan menyelenggarakan Program Digital Talent BUMN.

Alasan sobat harus mendaftar program digital talent di fordigi karena fordigi menyediakan wadah untuk BUMN memahami dan mengoptimalkan Talenta Digital, dan juga wadah bagi karyawan BUMN untuk mengembangkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi teknis Talenta Digital dapat diukur dengan sertifikasi yang bisa didapatkan dari Corporate University (Corpu) BUMN, Platform Pembelajaran, Organisasi Profesi, Lembaga Pelatihan atau Sertifikasi Industri yang diakui secara nasional maupun internasional.​​​ Rekomend banget ni buat sobat yang mau mengikuti hackathon.

Manfaat Mengikuti Hackathon

Berpartisipasi dalam hackathon pelajar adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan baru yang sobat miliki, meningkatkan kemampuan kerja tim, dan membuat CV Anda terlihat lebih menarik bagi calon pemberi kerja.

Berikut 8 manfaat yang dapat sobat nikmati dengan mengikuti hackathon:

1. Mengembangkan Keahlian Baru

Dikutip dari Indeed, menghadiri kompetisi hackathon bisa menciptakan peluang bagi sobat untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru dengan lebih cepat. Contohnya adalah mengembangkan keterampilan manajemen waktu, teknik pemrograman, bahasa pengkodean yang baru, atau mencoba alat baru selama acara berlangsung. Dengan mengikuti hackathon memperluas keahlian dan meningkatkan pengetahuan yang dapat meningkatkan pilihan karir sobat sebagai seorang programmer.

2. Tantangan Untuk Keluar Dari Zona Nyaman

Kompetisi hackathon bisa membawa sobat untuk keluar dari zona nyaman demi berjuang meraih tantangan baru yaitu berkolaborasi di bawah tekanan, mendorong sobat untuk bertemu orang-orang baru, dan juga membuat suatu proyek software yang belum pernah sobat buat sebelumnya. Hal ini bisa menguji kemampuan sobat dengan sudut pandang yang baru. Selain itu, sobat juga akan dihadapkan pada tantangan untuk menemukan solusi inovatif dalam waktu yang terbatas. Hal ini dapat merangsang kreativitas dan kemampuan untuk berpikir di luar batas konvensional.

3. Menemukan Solusi yang Berbeda Untuk Suatu Masalah

Sesuai dengan namanya, mengikuti hackathon akan membuat kamu untuk menemukan solusi baru untuk suatu masalah terkait pengembangansoftware. Dengan adanya kolaborasi bersama tim, bisa membuat kamu dan tim mengembangkan solusi atau ide yang berbeda-beda yang dapat diimplementasikan dalam waktu singkat, sehingga kamu bisa melihat perspektif yang berbeda.

4.  Menambah Relasi

Kompetisi hackathon umumnya dilakukan secara kelompok. Bahkan, beberapa acara hackathon akan memberikan perintah peserta untuk membentuk tim secara spontan saat kompetisi sedang berlangsung.

Dari sinilah sobat akan bertemu dan bekerja sama dengan berbagai individu yang beragam yang belum pernah sobat kenal sebelumnya. Tentu, hal ini bisa menjadi nilai tambah karena sobat akan mendapatkan relasi baru atau networking yang pastinya akan berguna dalam pengembangan karir.

5. Melatih Kemampuan Bekerja sama dan Berkomunikasi

Jika sobat mengikuti hackathon maka hal ini tntunya akan sangat melatih kemampuan berkomunikasi sobat karena dilaksanakan secara kelompok dalam waktu yang cukup lama yaitu 24 – 48 jam, bisa membuat sobat untuk berlatih bekerja sama dalam tim karena tidak semua orang mampu bekerja dalam tim. Bekerja sama dalam tim menuntun sobat untuk dapat berkomunikasi secara baik agar pekerjaan menjadi lebih jelas, cepat selesai, dan tidak ada salah paham.

 

Baca selengkapanya