keamanan siber

Haii sobat StudyTech…

Kembali lagi nihh di artikel kami yang tentunya terbaru, terupdate, dan terpercaya. Pada artikel kali ini mimin bakalan membahas tentang 7 Keterampilan Utama yang Dibutuhkan untuk Berkarir di Keamanan Siber. Pada zaman sekarang ini kemanan siber banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sehingga karir kemanan pada bidang ini sangat berkembang dan banyak dibutuhkan di era teknologi sekarang ini, karena tanpa adanya seorang ahli dalam keamanan siber situs situs yang dimiliki oleh suatu perusahaan maupun perorangan dapat dibobol dengan mudah oleh oknum yang tidak bertangung jawab atau biasanya sering kita sebut dengan hacker.

Sebelum masuk kedalam inti dari pembahasan disini mimin bakalan membahas terlebih dahulu tentang pengertian, ancaman, elemen yang wajib sobat ketahui tentang keamanan siber, dan keterampilan utama yang dibutuhkan untuk berkarir.

Pengertian Keamanan Siber 

keamanan siber

Dilansir melalui institut teknologi sepuluh nopember, keamanan siber atau Cybersecurity adalah praktik untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. Serangan-serangan ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif, seperti memeras uang dari pengguna atau mengganggu proses bisnis normal.

Untuk menjaga agar data data pribadi milik sobat yang sudah pernah sobat masukan didalam suatu situs entah itu ketika sobat mendaftarkan akun sobat ataupun ketika sobat mengakses suatu situs hal ini dikerjakan oleh seorang cybersecurity atau kemanan siber. Sobat sudah taukan bagaimana pentingnya peran seorang cybersecurity didalam melindungi data-data pribadi kita apalagi di zaman yang serba teknologi ini. Bayangkan jika di zaman saat ini tidak ada seorang cybersecurity maka data-data pribadi kita akan mudah di ambil oleh oknum tidak bertangung jawab.

Jenis Ancaman Kemanan Siber

Sobat sudah taukan apa pengertian dari cybersecurity atau keamanan siber. Nah sekarang mimin bakalan membahas tentang janis-jenis ancaman siber yang harus sobat ketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada data-data sobat,

1. Malware

Malware merupakan perangkat lunak yang bekerja dengan memasuki komputer atau device sobat tanpa perizinan serta dapat menyebabkan kerusakan pada sistem, server, dan jaringan komputer. Malware merupakan gabungan dari kata malicious yang berarti jahat atau berbahaya dan software yang berarti perangkat lunak. Bahayanya malware ini dapat melakukan pencurian data dan informasi yang tersimpan dalam komputer atau device sobat serta menjadi pintu masuknya hacker untuk mencuri data-data sobat.

Malware dapat masuk pada sistem komputer dengan melalui jaringan internet ataupun ketika sobat mengakses suatu situs pada website. Umumnya, perangkat lunak ini disisipkan pada unduhan pada situs web ilegal, iklan, email phishing, dan lain lain. Malware tidak diciptakan oleh sembarang orang. Perangkat lunak ini diciptakan oleh para hacker yang memiliki pemahaman tinggi akan perangkat lunak dengan tujuan tertentu. 

Penting untuk sobat ingat, dalam menggunakan internet sobat harus selalu waspada terhadap iklan, link, promosi, dan website. Apabila sebuah situs yang sibat akses terlihat mencurigakan, hindari mengklik konten yang tersedia di dalam situs tersebut, bisa saja malware masuk ke komputer sobat melalui situs tersebut. Malware juga memiliki jenis-jenis lagi,

  1. Virus, adalah malware yang muncul melalui pengunduhan situs web, penggunaan USB, dokumen komputer, koneksi jaringan, dll.
  2. Adware, merupakan jenis malware yang dapat memunculkan iklan pada suatu situs web ketika pengguna melakukan aktivitas tertentu pada situs tersebut.
  3. Trojan, merupakan malware yang bekerja dengan melakukan penyamaran sebagai sebuah aplikasi yang tidak berbahaya sehingga meyakinkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.
  4. Worm, merupakan jenis malware yang memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya, sehingga dapat dengan mudah menyebar pada sistem komputer. Biasanya masuk melalui jaringan internet, aplikasi ilegal, atau dokumen mencurigakan yang dikirimkan melalui email.
  5. Botnet, merupakan jenis malware berbentuk sekumpulan bot yang menyusup pada seluruh jaringan serta sistem komputer yang dikendalikan oleh hacker.
  6. Ransomware, merupakan jenis malware yang bekerja dengan cara mengunci dan menolak pengguna untuk bisa menggunakan sistem komputer serta mengakses data di dalamnya.

2. Phising

keamanan siber

Phishing adalah penipuan online yang terjadi melalui email, tautan, situs web, atau panggilan telepon palsu yang dirancang agar terlihat semirip mungkin dengan aslinya. Tujuannya adalah untuk memperoleh data dan informasi sensitif seperti rekening bank, nama pengguna, dan kata sandi. Phishing adalah ancaman virtual yang paling umum saat ini, karena siapa pun dapat menjadi korbannya. Siapapun bisa terkena dampak phishing, mulai dari pengguna biasa hingga pebisnis dan korporasi.

Jadi, phishing merupakan suatu metode memancing informasi atau data sensitif milik korban melalui umpan atau data palsu yang semenarik mungkin dan semirip mungkin dengan aslinya. Penjahat dunia maya melakukan phishing dengan berbagai cara. Phisher atau pelaku phising biasanya melakukan kejahatannya melalui tautan palsu di email atau pesan teks, atau melalui audio melalui telepon.

Phiser atau pelaku phising menyamarkan identitasnya seolah-olah berasal dari perusahaan yang sah untuk memikat dan membujuk calon korban agar mengungkapkan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, kredensial login, dan nomor KTP. Begitu korban jatuh ke dalam perangkap penipu, penipu mulai menyerang. Alih-alih menerima kemenangannya, korban malah bisa kehilangan rekening atau uang yang ada di rekeningnya.

Manfaat Keamanan Siber

Begitu banyak jenis ancaman keamanan siber seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Maka dari itu untuk menghindari ancaman ancaman yang ada di berbagai situs di zaman teknologi ini kita membutuhkan seorang keamanan siber untuk ikut serta dalam melindungi data data pribadi yang kita miliki. Tentunya, banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dari pekerjaan seorang keamanan siber, berikt mimin bakalan bahas manfaat yang bsa sobat rasakan dari seorang keamanan siber,

  1. Melindungi Situs Perusahaan Dari Kejahatan Siber, keamanan siber dapat membantu melindungi bisnis dari serangan digital seperti upaya mengakses, mengubah, atau menghancurkan data informasi yang sensitif, memeras seseorang dengan ransomware, hingga mengganggu proses bisnis secara normal
  2. Data dan Informasi Terjaga, keamanan siber dapat membantu perusahaan dalam mengelola data dengan lebih baik dan terhindar dari kebocoran data
  3. Menjaga Kepercayaan Orang Yang Mengakses Situs Sobat, karena sudah terjamin data mereka aman, dengan menerapkan keamanan siber yang baik, perusahaan dapat menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan
  4. Bisnis dapat selalu diakses dengan mudah dan aman, keamanan siber dapat membantu mengurangi risiko terjadinya serangan siber pada website perusahaan
  5. Menjaga reputasi perusahaan, reputasi perusahaan di mata para pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Dengan meningkatkan keamanan sistem, perusahaan dapat menjaga reputasinya.

Elemen Pada Keamanan Siber

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti sobat harus mengetahui terlebih dahulu tentang elemen siber. Jika sobat ingin menjadi seorang cybersecurity atau keamanan siber maka sobat harus mengetahui terlebih dahulu apa aja elemen yang terdapat pada keamanan siber ini. Disini mimin bakalan membahas tentang elemen pada keamanan siber yang harus sobat ketahui,

  1. Application Security
  2. Informating Security
  3. Network Security
  4. Disaster Recovery Plan
  5. Operational Security
  6. End-User Education

Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Keamanan Siber

1. Keterampilan Teknologi Dasar

Tugas yang lebih kompleks bagi seorang cybersecurity atau keamanan siber, seperti membangun sistem cloud atau membuat perangkat lunak akses, bergantung pada pengetahuan dan penerapan konsep teknis dasar, termasuk,

  • Konfigurasi dan manajemen jaringan

  • Instalasi firewall

  • Pemrograman

  • Administrasi berbagai sistem operasi

2. Pemrograman

Bahasa pemrograman dan script yang biasanya digunakan oleh seorang cybersecurity adalah JavaScript. Bahasa Pemograman ini menjadi salah satu kompetensi inti yang harus dipahami oleh para pakar cybersecurity atau keamanan siber. Mereka dapat menggunakan bahasa-bahasa ini untuk menulis sistem internal, dan penting untuk memahaminya guna mencegah peretas menggunakannya untuk mengakses datanya.

3. Pengelolaan dan Analisis Data

Semakin banyak perusahaan yang menjalankan bisnis menggunakan teknologi dengan membuat suatu website ataupun sistus online, mereka mengumpulkan semakin banyak data dari dalam dan luar area bisnis mereka. Spesialis keamanan siber menciptakan sistem untuk mengumpulkan, mengatur, menganalisis, dan melindungi data ini. Ini berarti bahwa pengelolaan dan analisis data adalah keterampilan penting bagi individu di bidang ini.

4. Implementasi dan Pengelolaan Cloud

Jika sobat memiliki suatu perusahaan yang terus menggunakan komputasi awan atau cloud untuk menghemat biaya dan meningkatkan aksesibilitas. Maka penting bagi sorang cybersecurity atau keamanan siber untuk memahami sistem dan proses ini, termasuk memantau akses dan memastikan penyimpanan dan pembagian data perusahaan aman di penyedia cloud umum. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, sistem cloud mungkin menjadi area yang lebih menarik bagi peretas untuk menyasar taktiknya. Individu keamanan siber juga dapat bekerja dengan departemen TI untuk menciptakan sistem cloud internal yang aman bagi suatu organisasi.

5. Implementasi Otomasi

Pengembangan dan penerapan sistem otomatis menjadi semakin populer apalagi pada era teknologi sekarang ini. Hal ini penting bagi seorang keamanan siber untuk memahami teknologi ini sehingga mereka dapat mengevaluasi risiko dan manfaat penggunaannya dalam suatu organisasi. Hal ini juga dapat membantu mereka dalam mentransisikan tugas keamanan tertentu ke proses otomatis.

6. Manajemen Akses

Individu keamanan siber dapat mengatur anggota organisasi mana yang memiliki akses terhadap sistem dan informasi tertentu dan mengembangkan proses yang mengontrol cara mereka memperolehnya. Hal ini dapat mencakup verifikasi identitas, pemantauan, dan peringatan keamanan untuk mencegah akses tidak sah ke sistem perusahaan. Ini berarti bahwa manajemen akses adalah keterampilan yang berharga bagi orang-orang di bidang ini.

7. Manajemen Serangan Permukaan

Manajemen permukaan serangan berfokus pada analisis risiko dan kewajiban organisasi dari sudut pandang seorang peretas. Hal ini memungkinkan para ahli keamanan siber untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kerentanan apa pun sebelum pihak luar dapat memanfaatkannya. Hal ini dapat menghemat uang perusahaan dan memastikan datanya tetap aman.

8. Keamanan dan Perlindungan Aplikasi

Seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan dan bergantung pada berbagai aplikasi eksternal,seperti website, ataupun situs-situs e-commercce lainnya, penting bagi seorang keamanan siber untuk memahami keamanan dan perlindungan aplikasi. Di luar sistem dan proses internal perusahaan, individu-individu ini dapat memperoleh manfaat dengan memahami ancaman tambahan yang mungkin ditimbulkan oleh aplikasi luar.

Itu tadi 8 Keterampilan yang Dibutuhkan Seorang Keamanan Siber. Bagaimana sobat sudah siap untuk belajar lebih banyak dan mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia keamanan siber yang sekarang sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan khususnya perusahaan Indonesia.

Samapi segini dulu pembahahasan kita kali ini sampai jumpa di artikel selanjutnya yaaa… Jangan Lupa untuk membaca artkel kami Baca selengkapnya