Hallo Hallo Sobat Mahasiswa, jumpa lagi dengan mimin. Kali ini mimin ada informasi menarik nih untuk sobat mahasiswa. Sesuai dengan judul diatas, mimin akan bahas seputar dengan karir pengembangan web bagi mahasiswa. Sebelumnya, Sobat Mahasiswa kenapa sih tertarik dengan pengembangan Web? Kalau kata mimin sih, karna gajinya yang wah dan kerjanya bisa remote yaa sobat, hehe. Oke jadi, kali ini kita akan apa sih menjelajahi keunggulan karier pengembangan web? mengeksplorasi kira kira apa aja sih yang diperlukan untuk meraih kesuksesan? dan yang terakhir mimin akan memberikan 5 stategi loh untuk membimbing kamu sobat mahasiswa dalam perjalanan membangun karir yang progresif di bidang web pemrograman.

Mengapa memilih Karir Pengembangan Web sebagai Goals?

karir pengembangan web

Sobat Mahasiswa, apakah kamu tahu? akhir akhir ini banyak orang kini menganggap pengembangan web sebagai pilihan pekerjaan yang menarik, terutama bagi generasi muda. Kemajuan teknologi yang pesat ditambah dengan ketergantungan kita pada platform digital telah memungkinkan pengembang web untuk mengambil peran penting dalam pembuatan dan pemeliharaan situs web, program, dan layanan online yang kita gunakan sehari-hari.

baca juga : Alasan Web Developer Profesi yang Menjanjikan

Pengembangan Web masih relevan tidak sih sebagai tujuan karir?

karir pengembangan web

Tak jarang Generasi muda bertanya apakah karir pengembangan web masih merupakan jalur karir yang bermanfaat dan layak. Tanpa ragu, jawabannya adalah ya. Sobat Mahasiswa, Kebutuhan akan pengembang web semakin meningkat di era di mana digitalisasi semakin mengambil alih.

Untuk memenuhi harapan klien, semua ukuran organisasi memerlukan ahli dalam mengembangkan dan mengawasi solusi online. Selain itu, posisi karir pengembangan web sebagai pekerjaan progresif semakin diperkuat oleh kemajuan teknis seperti pengembangan aplikasi berbasis cloud, kecerdasan buatan (AI), dan Internet of Things (IoT). Hal ini memungkinkan generasi muda untuk berpartisipasi dalam proyek kreatif yang berpotensi mempengaruhi teknologi di masa depan.

Apa aja sih yang dibutuhkan untuk Karir Pengembanan Web?

karir pengembangan web

1. Keterampilan Teknis

sobat mahasiswa yang perlu kamu tahu sebelum masuk ke karir pengembangan web adalah kamu membutuhkan keterampilan teknis. keterampilan teknis pengembangan web terdiri dari keterampilan kamu untuk membuat website. dalam pengembangan website dibagi menjadi beberapa bagian yaitu ui/ux, frontend,  backend dan fullstack. jadi sebelum kamu memilih karir pengembangan web ini, tentukan dulu goals kamu ingin menjadi profesional dibagian apa. Namun keterampilan teknis dasar yang harus kamu ketahui adalah HTML,CSS dan Javascript. hak tersebut wajib kamu ketahui jika ingin menjadi seorang pengembang web karena hal tersebut merupakan dasar dari pengembangan web.

yang pertama adalah ui/ux, jika kamu memilih untuk fokus pada bidang satu ini kamu perlu belajar menganai desain aplikasi dan website dan belajar menggunakan figma atau framer sebagai workspace. Kamu perlu banyak berlatih dan kamu juga harus bisa memahami bagaimana psikologis dari orang yang akan akses website kamu. kamu harus bisa  desain website yang membuat  pengguna nyaman melihat dan mengakses website yang akan kamu buat.

selanjutnya jika kamu memilih untuk menjadi frontend developer yang perlu kamu ketahui dan terampil adalah beberapa framework yang digunakan untuk mengembangkan web seperti React, Angular atau Vue.Js. beberapa framework tersebut adalah framework javascript yang biasa digunakan oleh para developer.

Kemudian, jika sobat mahasiswa lebih memilih untuk menjadi backend, maka sobat mahasiswa perlu mengetahui dan terampil dalam bahasa pemrograman php, python, ruby ataupun golang. bahasa pemrograman tersebut biasa digunakan oleh para developer backend untuk bekerja membuat logika sebuah sistem website atau aplikasi. selain terampil dalam bahasa pemrograman tersebut jika sobat menggunakan bahasa php, sobat juga perlu menguasai laravel,codeigniter atau framework php lainnya. Tak hanya itu, seorang backend juga perlu mengetahaui mengenai database seperti MySql,MongoDB, atau oracle.

kak, kenapa sih harus pakai framework? kenapa ngga native aja? jadi sobat mahasiswow, jawaban dari versi mimin adalah karena dengan menggunakan framework kita sebagai developer menjadi lebih mudah dan terstruktur saat melakukan development web.

Dan yang terakhir adalah jika kamu memilih untuk fokus pada fullstack. sesuai dengan namanya fullstack berarti semua bagian. jadi jika kamu memiliki goals untuk menjadi fullstack developer adalah kamu harus menguasai ketiga skill yang sudah mimin jelaskan secaara singkat diatas. karena jika kamu menjadi seorang fulstack developer berarti kamu siap untuk membuat website dari awal hingga akhir.

2. Pendidikan dan Pelatihan

oiya sobat mahasiswow, point kedua adalah kamu perlu menempuh pendidikan atau pelatihan yang cukup jika akan masuk ke dalam karir pengembangan web. karena dengan banyak berlatih dan belajar kamu akan menjadi lebih mengerti bagaimana cara problem solving terhadap suatu studi kasus. pendidikan dan pelatihan ini mempunyai beberapa jenis, kamu bisa menempuh pendidikan formal seperti berkuliah di ilmu komputer atau sekolah menengah kejuruan di bidang informatika.

Jikalau kamu tidak sedang menempuh pendidikan formal tersebut, kamu dapat mengikuti kursus online atau bootcamp seperti coursera, dicoding dan kain lain. tak kalah dengan pendidikan formal, pelatihan dan bootcamp ini bisa melatih kamu secara intensif untuk mempercepat pembelajaran kamu mengenai pengembangan web dan juga akan menambah jam terbang kamu dalam pengembangan web baik secara maindiri atau berkelompok

Kenapa sih Pengembangan Web dianggap sebagai Jalur Karir yang progresif?

karir pengembangan web

1. Peningkatan Permintaan:

Pertumbuhan pesat di sektor digital telah menciptakan permintaan yang kuat untuk pengembang web. Perusahaan di berbagai industri menyadari pentingnya memiliki kehadiran online yang kuat untuk bertahan dan bersaing di pasar yang terus berkembang.

2. Trend Perkembangan Teknologi:

Perkembangan teknologi seperti AI, IoT, dan blockchain semakin mengintegrasikan pengembangan web ke dalam solusi-solusi inovatif. Menyelami tren ini memungkinkan para pengembang web untuk terus berkembang dan relevan dalam era teknologi yang terus berubah.

3. Fleksibilitas dan Kewirausahaan:

Pengembangan web memberikan fleksibilitas yang besar dalam hal tempat kerja dan waktu kerja. Banyak pengembang web dapat bekerja secara lepas atau membuka usaha sendiri, memberi mereka kendali atas jadwal kerja dan proyek-proyek yang mereka ambil.

4. Potensi Penghasilan yang Tinggi:

Pengembang web yang terampil dan berpengalaman memiliki potensi penghasilan yang tinggi. Proyek-proyek khusus dan kontrak dapat membawa penghasilan tambahan, dan pengembang web senior seringkali mendapatkan gaji yang kompetitif.

4. Kesempatan untuk Berkolaborasi:

Pengembang web seringkali bekerja dalam tim lintas-fungsional, berkolaborasi dengan desainer, pengembang backend, dan profesional lainnya. Ini memberikan kesempatan untuk membangun keterampilan interpersonal dan pengalaman berkolaborasi yang berharga.

5 Strategi sukses untuk membangun Karir Pengembangan Web versi Studytech

karir pengembangan web

1. Pengembangan Keterampilan

Dasar kuat untuk sukses dalam karir pengembangan web adalah pendidikan dan pengembangan keterampilan.Pentingnya memilih jalur yang mengakomodasi gaya belajar dan preferensi unik setiap orang harus ditekankan. Bagi generasi muda, hal ini mungkin memerlukan:

  • Pendidikan Formal: Mengejar kursus tambahan di universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainnya dengan penekanan pada perolehan gelar di bidang teknologi informasi atau ilmu komputer.
  • Kursus Online: Untuk mendalami kemampuan khusus yang dibutuhkan, daftarlah di kursus yang menantang di platform pembelajaran seperti Udacity, Codecademy, atau edX.

2. Membangun Portofolio yang Kuat

Mendapatkan minat perekrut untuk survive di karir pengembangan web dapat sangat dipengaruhi oleh memiliki portofolio yang kuat. Untuk membuat portofolio yang menonjol, mungkin kamu bisa mengikuti langkah seperti : Untuk menunjukkan kemampuan kamu, kerjakan proyek kecil atau buat situs web pribadi dan selanjutnya untuk menunjukkan kemampuan kamu berkolaborasi dan berkontribusi, berpartisipasilah dalam proyek sumber terbuka di situs web seperti GitHub. Memiliki portofolio yang solid dapat membantu perekrut dengan cepat menilai keterampilan Anda dan tugas yang telah Anda selesaikan dengan sukses.

3. Terlibat dalam Proyek-Proyek Praktis

Karir Pengembangan web menempatkan prioritas besar pada pengalaman praktis. Di antara metode untuk memperoleh pengalaman dunia nyata adalah dengan bergabung dengan startup atau perusahaan sebagai pekerja magang akan memungkinkan kamu memperoleh pengetahuan langsung. Freelancing, Saat mengembangkan portofolio, mengerjakan proyek sederhana atau melakukan pekerjaan lepas dapat memberi kamu pengalaman dunia nyata. Berpartisipasi dalam inisiatif ini memungkinkan kamu untuk menggunakan pengetahuan dan kemampuan yang baru kamu peroleh.

4. Jaringan dan Memanfaatkan Komunitas

Berjejaring dengan profesional lain dapat menghasilkan banyak peluang di karir pengembangan web. Di antara metode pemanfaatan komunitas dan jaringan adalah dengan kamu menghadiri Konferensi dan Acara, karena kamu dapat berpartisipasi dalam pertemuan industri untuk membangun jaringan dengan rekan kerja dan profesional. Kamu juga harus bergabung dengan Komunitas Online supaya kamu bisa lebih mudah untuk bertukar ide dan mengatasi masalah bersama, daftarlah ke komunitas online di situs web seperti Reddit atau Stack Overflow. Jaringan yang kuat dapat membantu dan membuka jalan bagi prospek kolaborasi atau pekerjaan di masa depan. Sobat mahasiswa, kamu juga bisa membaca artikel lain kami mengenai strategi membangun jaringan pada artikel kami dengan topik  Strategi Pintar Membangun Jaringan yang Kuat

5. Terus Belajar dan Mengikuti Perkembangan Industri

Industri dan karir pengembangan web masih terus berkembang. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk dapat tetap mendapat informasi tentang kemajuan terkini dan terus belajar dengan menghadiri Lokakarya dan Kursus. Hal itu akan membuat kamu bisa mengikuti perkembangan tren dan teknologi terbaru dengan menghadiri lokakarya dan kursus. Membaca Sumber Daya Online supaya mempermudah kamu untuk mengikuti perubahan dalam industri, baca blog, artikel, dan dokumentasi teknis. Memiliki kapasitas untuk mempelajari hal-hal baru secara terus-menerus dapat membantu kamu maju dalam pekerjaan kamu.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa karir pengembangan web ini memberikan prospek yang luar biasa, terutama bagi generasi muda yang mencari jalur yang dinamis dan berpikiran maju. Individu muda dapat berhasil dalam bidang pengembangan web jika mereka memiliki akses terhadap pendidikan berkualitas, portofolio hebat, pengalaman dunia nyata, jaringan besar, dan kapasitas untuk belajar seumur hidup.

Taktik yang telah dijelaskan akan membantu generasi muda meningkatkan kemungkinan sukses dalam karir di bidang pengembangan web. Dengan pelatihan, pengalaman, dan keterlibatan komunitas yang tepat, siswa dapat berkembang menjadi pengembang web terdepan yang siap mengambil peluang dan menghadapi hambatan di bidang yang berubah dengan cepat ini. Pemuda yang bertekad untuk sukses dan memiliki keinginan kuat untuk belajar dapat berkembang menuju masa depan yang cerah dan kompetitif dalam karir pengembangan web

Nah sobat mahasiswa, penjelasan diatas adalah menguraikan mengenai karir pengembangan web, mulai dari alasan, apa saja yang dibutuhkan dan tentunya juga strategi sukses untuk membangun karir pengembangan web versi study technology. Jadi gimana, apakah artikel ini membantu menjawab mengenai kebingungan sobat dan juga membantu sobat mahasiswa untuk menentukan pilihan di masa depan? Kunjungi website kami untuk menemukan informasi terkait hal serupa dan lainnya disini