kecerdasan buatan

halloo sobat mahasiswa, akhirnya ketemu lagi dengan mimin di minggu ke 5. akhir akhir ini di dunia ilmu informatika sedang trend dengan kecerdasan buatan atau bisa kita sebut sebagai teknologi AI. perkembangan teknologi yang sangat pesat ini mempengaruhi segala aspek kehidupan, saat ini hampir semua kegiatan sudah mulai beralih menggunakan teknologi. Contohnya adalah pada bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, dan juga industri

Apa Sih Kecerdasan Buatan atau AI ?

kecerdasan buatan

Sebelumnya apa sobat sudah tau mengenai teknologi AI atau kecerdasan buatan? jadi kecerdasan buatan ini adalah suatu program yang dirancang agar bisa logika dan mengambil keputusan meniru kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Program yang dimiliki teknologi AI ini sangat memudahkan kita untuk melakukan suatu kegiatan. Apakah sobat pernah menggunakan aplikasi siri atau google assistant? jika sudah maka sobat juga sudah termasuk pengguna teknologi AI, karena aplikasi tersebut menggunakan konsep AI.

Untuk memahami pengertian AI lebih lanjut, sobat bisa baca juga : What is artificial intelligence (AI)?

Nah dari pembahasan singkat  di atas, Apakah sobat tertarik dengan perbincangan teknologi baru ini? Jadi, pada artikel ini mimin akan berbagi informasi mengenai teknologi kecerdasan buatan atau biasa kita sebut sebagai AI.

sobat mahasiswa apakah kamu bertanya tanya mengenai apa aja sih peluang dan tantangan yang harus kita hadapi dengan adanya kemudahan dari teknologi AI? Kenapa sih teknologi AI itu penting? terdiri dari apa aja sih teknologi AI ? Kira kira bagiamana penerapan Teknologi AI dalam kehidupan sehari hari? pertanyaan pertanyaan seputar AI diatas akan mimin bahas pada artikel di bawah ini.

Apa Aja Sih Peluang dari Kemudahan Kecerdasan Buatan Teknologi AI ?

kecerdasan buatan

Adanya teknologi baru ini tentunya memunculkan sebuah peluang baru karena kemudahan yang ditawarkan. Teknologi ini mempengaruhi kehidupan pada saat ini, karena kita tidak lepas dari penggunaan teknologi tersebut. Ada beberapa peluang untuk sobat mahasiswa dengan adanya teknologi ini yaitu :

1. Penerapan Kemudahan Teknologi

Dengan Teknologi AI maka penerapan semua hal akan menjadi lebih mudah. Dengan AI akan membantu mahasiswa untuk melakukan kegiatan sehari hari. Contohnya adalah saat mahasiswa diberikan penugasan oleh dosen dan harus mencari sebuah informasi di internet. AI menjadikan peluang untuk sobat mahasiswa bisa melakukan ekplore sebanyak mungkin informasi yang ada di internet

2. Memberikan Peluang Karier yang Menjanjikan

Sobat mahasiswa dengan adanya trend  AI kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk memiliki peluang karir yang menjanjikan. kamu bisa mempelajari dan memahami mengenai teknologi ini kemudian kamu bisa fokus untuk mengembangkan AI atau sebagai analis data karena karier tersebut saat ini sedang sangat dicari dan tentu saja gaji yang ditawarkan dengan range yang tinggi.

3. Membantu pengembangan dalam suatu project

Sobat Mahasiswa kamu juga bisa memenfaatkan teknologi AI ini untuk membantu kamu dalam mewujudkan project yang sedang kamu inginkan. Misalnya kamu mendapatkan sebuah project pembuatan aplikasi atau project desain dan sebaginya, kamu bisa menggunakan teknologi AI ini untuk mencari lebih banyak referensi agar project yang kamu kerjakan lebih kompleks dan cepat jadi.

4. Menumbuhkan kreatifitas dan Inovasi

Saat sobat mahasiswa menggunakan Teknologi AI ini tentunya akan menambah kreatifitas bagi mahasiwa untuk terus melakukan ekplor di dunia internet atau dengan apa yang sobat suka. Hal ini akan memunculkan sebuah inovasi baru terhadap teknologi, Sobat mahasiswa tentunya akan menemukan teknologi terbaru dan sobat juga bisa belajar untuk mengimplementasikannya pada dunia perkuliahan. untuk memenuhi tugas akhir ataupun bisa juga membuat aplikasi untuk dijual atau bisnis mandiri

5. Memudahkan Proses Penelitian

Dengan menggunakan teknologi AI atau kecerdasan buatan ini juga akan memudahkan sobat mahasiswa untuk melakukan proses penelitian. karena dengan menggunakan teknologi ini sobat bisa menganalisis data, membuat prediksi, dan juga membuat penemuan baru mengenai hal ini.

Tantangan Apa Aja yang harus kita hadapi dari Kemudahan Kecerdasan buatan atau Teknologi AI ?

kecerdasan buatan

1. Persaingan Teknologi dan Karir yang sangat Ketat

Sobat mahasiswa, dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi AI ini juga memiliki beberapa tantangan yang harus kita hadapi. Salah satu tantangannya adalah persaingan teknologi dan karir yang sangat ketat. Dengan adanya AI maka orang orang juga akan semakin belomba lomba untuk terus berlatih dan belajar supaya tidak menjadi tertinggal. oleh karena itu, sobat juga harus melatih sering berlatih agal skill terus bertambah

2. Etika dan tanggung jawab keamanan privasi

penggunaan teknologi ai ini juga mempengaruhi tantangan tentang etika dan keamanan privasi. contohnya adalah di dalam lingkungan rumah sakit, data pasien adalah data yang perlu perlindungan privasi. contoh kedua adalah di lingkungan akademik, data mahasiswa juga memerlukan perlindungan privasi, untuk itu jika sobat mahasiswa menciptakan sebuah teknologi ai maka sobat juga harus memperhatikan hal ini

3. Ketergantungan dengan teknologi

Dengan adanya teknologi AI ini tak jarang semua orang bergantung dengan teknologi. karena kemudahan yang ditawarkan membuat orang terus menggunakan teknologi yang akhirnya bisa membuat orang cenderung untuk malas berfikir dan malas untuk melakukan kegiatan berlebih karena sudah adanya Teknologi AI

4. Perubahan yang Cepat dalam Teknologi

Teknologi adalah suatu hal yang cepat berkembang dan berubah, untuk itu sobat tidak hanya mempelajari teknologi AI saja tetapi harus mempelajari hal yang lain supaya sobat akan tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi. jangan cepat menyerah jika belajar hal baru.

5. Sistem berfokus pada 1 tugas dan sangat jauh dari perilaku manusia

Dengan adanya teknologi kecerdasan  buatan ini tentunya akan mengubah segala aspek dalam kehidupan, kita harus berusaha untuk menentukan batasan. sistem ai ini dilatih untuk melakukan tugas yang sudah ditentukan dengan jelas dan hany afokus pada satu pekerjaan saja. sehingga tugas yang dilakukan akan berjalan dengan sempurna, berbeda dengan manusia yang kadang sering melakukan kesalahan.

Kenapa Sih Teknologi AI dianggap penting?

kecerdasan buatan

Sobat mahasiswa, dalam perkembangan teknologi yang pesat  saat ini teknologi kecerdasan ini dianggap penting karena memiliki beberapa alasan yaitu

  • teknologi ini bisa menambah kecerdasan pada sebuah produk. mungkin sobat bertanya tanya produk seperti apa sih min? nah, seperti yang sudah mimin sampaikan pada pembahasan singkat sebelumnya, contoh produk yang menggunakan teknologi AI adalah google assitent atau siri. Jadi dengan menggunakan teknologi AI, maka sebuah produk  dapat ditambahkan kemampuan seperti percakapan bot, yaitu teknologi yang bisa menjawab pertanyaan dari user 24 jam. hal ini tentunya akan meningkatkan banyak teknologi di industri ataupun dirumah.
  • Sobat mahasiswa, teknologi ini juga memiliki keakuratan yang tinggi dan bisa mengautomasi pembelajaran melalui data loh. Jadi, teknologi ini sudah tidak lagi mengautomasi tugas dengan manual, Teknologi ini melakukan tugas tugas yang terkomputerisasi dengan handal tanpa mengalami kelelahan. hal ini menyebabkan AI sering digunakan dan teknologi manual mulai tergantikan karena teknologi ini juga memiliki kekakuratan data yang dihasilkan.

Bagaimana sih Penerapan Teknologi AI atau kecerdasan buatan dalam Kehidupan Sehari hari?

kecerdasan buatan

Sobat mahasiswa sadar tidak jika sobat sudah sering menggunakan AI atau kecerdasan buatan dalam kehiduoan sehari hari? Jadi AI ini sudah menyebar hampir pada semua bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, hiduran dan industri. lalu apa bagaimana sih penerapan Ai dalam kehidupan sehari hari?

1. Pencarian di Internet

pernahkah sobat mencari sesuatu di internet? mimin yakin pasti sobat sudah sering melakukan hal tersebut. Nah, mesin pencari pada google ini adalah teknologi AI atau kecerdasan buatanyang sering kita gunakan sehari hari untuk membantu kita memperoleh berbagai informasi. Kemampuan untuk mengenali sebuah keuyword yang kita masukkan pada mesin pencari kemudian akan memunculkan hasil dari pencarian yang rekevandengan kata kunci ytang kita gunakan.

2.  Media Sosial

Sobat mahasiswa, pasti kalian tidak asing dengan hal yang satu ini. Pada saat ini, tidak mungkin sobat mahasiswa tidak ada yang belum mengenal sosial media. Sobat, pakah kalian sadar bahwa sosial media ini juga menggunakan teknologi AI? jadi pada sosial media tentunya sobat juga akan mencari sesuatu yang anda senangi atau sesuatu yang sering sobat buka dan lihat. sama seperti mesin google, AI atau kecerdasan buatan pada sosial media juga berguna untuk menentukan atau memberikan rekomendasi kepada pengguna mengenai sesuatu yang relevan dengan apa yang sedang dicari, disukai atau sesuatu yang sedang trend dibicarakan

3. Aplikasi atau website yang berfungsi untuk penerjemah

Sobat mahasiswa pasti pernah dong menggunakan aplikasi atau web translator untuk menerjemahkan bahasa asing yang belum sobat ketahui. pada aplikasi ini AI berguna untuk menerjemahkan suara sobat atau foto sebuah tulisan tanpa sobat harus mengetik terlebih dahulu. kemampuan AI pada kasus ini memiliki kemampuan untuk merekam suara yang sobat masukkan dan juga mendeteksi tulisa yang sudah sobat foto untuk ditranskate.

Apakah Kecerdasan Buatan bisa menggantikan Kecerdasan Manusia?

kecerdasan buatan

Pada saat ini banyak orang atau perusahaan yang beralih menggunakan teknologi AI atau kecerdasan buatan. Hal itu  memunculkan pertanyaan, apakah AI akan menggantikan kecerdasan manusia di masa depan? Nah miimin akan bantu memberikan sedikit pembahasan.

Dilansir dari SAS, teknologi AI ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan untuk apa yang kita lakukan karena Algoritma yang dimiliki AI belajar dengan cara yang berbeda dari manusia, AI belajar berdasarkan data dan melihat dengan cara yang lain. Untuk itu teknologi AI ini tidak akan menggantikan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Teknologi ini hanya membantu untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam suatu kegiatan dengan tindakan dan algoritma yang dibuat mirip dengan manusia. Mungkin beberapa tahun yang akan datang AI akan menyebar sangat luas dan menggantikan sebagian dari pekerjaan Manusia, tetapi AI tidak bisa menggantikan kecerdasan manusia.

Bagaimana sobat dengan penjelasan diatas, apakah membantu sobat dalam memahami kecerdasan buatan atau teknologi AI? Semoga penjelasan singkat diatas mampu menjawab kebingungan sobat mahasiswa ya. kesimpulan yang dapat diambil dari artikel ini adalah sobat mahasiswa harus tetap belajar dan berlatih karena perkembangan teknologi yang semakin cepat.

Sobat kamu harus ingat bahwa, Jangan pernah berhenti belajar, karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan

kunjungi artikel kami supaya mendapatkan informasi terbaru mengenai pendidikan dan technology disini