Haloo sobat studytechh…

Udah tahu belum nihh rekomendasi laptop untuk mahasiswa informatika? kali ini mimin membagi info rekomendasi laptop untuk mahasiswa informatika. simak penjelasa mimin yaaa….

Rekomendasi Laptop untuk mhasiswa Informatika

Rekomendasi Laptop

Sebagai mahasiswa jurusan Informatika, memiliki laptop yang handal dan sesuai dengan kebutuhan Anda adalah suatu hal yang sangat penting. Laptop adalah alat utama Anda dalam menyelesaikan tugas, mengembangkan proyek, dan menjalankan perangkat lunak pengembangan. Artikel ini akan memberikan rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa informatika, yang mempertimbangkan performa, dan mobilitas.

1. Apple MacBook Pro

Apple MacBook adalah salah satu seri laptop paling populer, yang sering menjadi pilihan  pengguna modern. Selain  desainnya yang minimalis dan elegan, laptop ini juga digandrungi para pekerja kreatif berkat  retina display-nya yang mampu menampilkan detail warna True Tone beresolusi tinggi. Tertarik untuk membeli laptop andalan Apple ini? Anda dapat memilih dari tiga seri yang tersedia yaitu MacBook Air, MacBook dan MacBook Pro.

macbook pro

Rekomendasi laptop untuk mahawiswa informatika yang pertama yaitu MackBook Pro. MacBook Pro adalah pilihan populer di kalangan mahasiswa ilmu komputer. Laptop ini menawarkan kualitas build yang bagus, layar Retina yang tajam, dan daya tahan baterai yang luar biasa. Dengan dukungan  pengembangan perangkat lunak berbasis macOS dan lingkungan Unix, MacBook Pro cocok untuk mahasiswa ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak. 

MacBook Pro adalah laptop  Apple kelas atas yang terkenal dengan desain dan kinerjanya yang luar biasa. Berikut  beberapa review, spesifikasi, dan performa MacBook Pro: 

a. Desain: 

 memiliki desain ramping, ramping, dan stylish dengan bodi metal unibody. Ini memiliki layar Retina Display yang tajam dan warna yang hidup. 

b. Spesifikasi: 

MacBook Pro memiliki beberapa pilihan prosesor, mulai dari Intel Core i5 hingga Intel Core i9, GPU yang kuat, RAM yang besar, dan storage yang besar. MacBook Pro juga memiliki fitur seperti FaceTime HD camera, Touch Bar, dan Touch ID. 

c. Performa: 

MacBook Pro memiliki performa yang sangat baik dan handal. Prosesor yang kuat dan GPU yang handal memungkinkan MacBook Pro untuk menjalankan berbagai aplikasi dan software dengan lancar. Baterai MacBook Pro juga cukup tahan lama, memungkinkan pengguna untuk bekerja sepanjang hari tanpa harus mengisi daya. 

MacBook Pro adalah pilihan yang baik untuk profesional, khususnya bagi mereka yang membutuhkan laptop dengan desain dan performa yang luar biasa, oleh karena itu mimin merekomendasikan laptop MacBook Pro ini. Namun, harga MacBook Pro cenderung lebih tinggi dibandingkan laptop lain, sehingga harus mempertimbangkan budget dan kebutuhan Anda sebelum memutuskan untuk membelinya. Baca juga

2. DELL INSPIRON 13-5368

Dell Inspirion

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa informatika yang kedua yaitu Dell Inspiron 13-5368. Dell Inspiron 13-5368 merupakan laptop dengan spesifikasi yang baik, cocok untuk kebutuhan mahasiswa teknik informasi. DELL Inspiron ini dibekali prosesor Intel Core generasi terbaru dan GPU yang cukup bertenaga sehingga mampu menjalankan aplikasi dan program yang boros daya. RAM  besar dan penyimpanan cepat juga membantu  meningkatkan kinerja  secara keseluruhan. 

Desain Dell Ins ini juga memiliki tampilan yang ramping dan menarik, serta build quality yang baik. Layar laptop ini juga memiliki kualitas bagus, resolusi tinggi, dan warna  akurat. Keyboard dan touchpad-nya juga cukup nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Namun, beberapa kekurangan juga bisa ditemukan pada Dell Inspiron 13-5368, seperti daya tahan baterai yang kurang memuaskan dan speaker yang tidak terlalu bagus. Juga, harganya mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan laptop lain dengan spesifikasi yang sama. 

Secara keseluruhan, Dell Inspiron 13-5368 adalah laptop yang memiliki spesifikasi yang baik untuk kebutuhan mahasiswa teknik informatika. Kelebihan dan kekurangan-nya harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya, tetapi pada dasarnya, ini adalah pilihan yang baik untuk kebutuhan akademis dan profesional. 

Dell Inspiron 13 5368 memiliki layar sentuh berukuran 13,3 inci, ideal untuk dan dapat digunakan dalam berbagai mode. 

Dengan  ketebalan hanya 12,87 mm, Dell Inspiron 13 5368 benar-benar ringkas. Ukurannya yang ringkas membuat kita dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam saku dan tetap nyaman  mengetik. Saat digunakan untuk mengetik, keyboardnya nyaman dan akurat. 

Layar FHD 13,3 inci Dell Inspiron 13 5368 dapat diputar hingga 360 derajat, memungkinkan Anda mengubah laptop biasa menjadi tablet multifungsi. Sehingga pengguna  selalu dapat berada dalam posisi terbaik untuk bekerja, menonton, menghibur, dan beraktivitas. 

  • Spesifikasi Dell Inspiron 13-5368 :
  • Prosesor: Prosesor Intel® Core™ i3-6100U (cache 3MB, 2,30 GHz) 
  • Layar: Layar sentuh lampu latar LED 13,3 inci 1920 x 1080, 13,3 inci Full HD True hidup 
  • RAM: 4 GB  DDR4 2133 MHz RAM 
  • Kapasitas: SATA HDD 500 GB, 5400 rpm 
  • Sistem operasi: Windows 10 
  • Konektivitas: Bluetooth 4.0, LAN dan 802.11 a/c 
  • Dimensi 44.67 x 12,87 x 29,28 cm, Berat: 1,616 kg 
  • Layar 13,3 inci Layar sentuh dengan lampu latar LED 1920 x 1080, 13,3 inci Full HD True life 
  • Baterai 3 sel (40 Wh) Baterai (bawaan) 
  • Untuk harga, laptop ini bisa dibeli dengan harga Rp 8.429.000

Baca juga

3. Asus ROG Zephyrus G14

ROG

Rekomedasi laptop untuk mahasiswa informatika yang ketiga yaitu Asus ROG Zephyrus G14. Jika Anda adalah seorang mahasiswa informatika yang juga menyukai gaming, Asus ROG Zephyrus G14 adalah pilihan yang sangat menarik. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen yang kuat dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX, yang sangat cocok untuk tugas pengembangan dan sesi gaming di waktu senggang Anda. 

Zephyrus G14 baru mengikuti warisan pendahulunya, GA502, dengan fbentuk yang tipis dan ringan. G14 hadir dalam dua warna yakni Moonlight White dan Eclipse Grey. Tombol pada Zephyrus G14 GA401II juga terasa cukup responsif, dengan titik aktuasi yang konsisten dan umpan balik yang sangat baik. 

Zephyrus G14 GA401II juga memiliki keyboard dengan lampu latar putih. Zephyrus G14 GA401II memiliki  touchpad yang relatif kecil namun sensitif dan halus. Touchpad juga dilengkapi dengan driver Windows Precision. 

ROG Zephyrus G14 GA401II memiliki jangkauan I/O yang luas yaitu 14 inci. Asus ROG Zephyrus ini memiliki dua port USB standar, dua port USB Type-C, output HDMI 2.0, dan jack headphone. Namun, Anda harus memberi G14 nilai “B” di I/O karena kurangnya port Ethernet.  ROG Zephyrus G14 GA401II 

 kami dilengkapi dengan panel WQHD (1440p) 14 inci dengan kecepatan refresh 60Hz. Salah satu keterbatasan terbesar  G14 adalah panelnya tidak dapat mengimbangi performanya. Asus juga membekali laptop ini dengan layar Full HD (1080p) dengan refresh rate 120Hz, panel 

 WQHD yang dirancang untuk gamer profesional siang  dan malam. Layarnya menghasilkan  gamut warna RGB 100% dan kecerahan di atas rata-rata 330 nits. Lampu ini membuatnya setara dengan beberapa laptop kelas atas seperti Dell XPS dan MSI Prestige. Dalam hal reproduksi warna, panel WQHD G14 sempurna. 

ROG Zephyrus G14 GA401II dibekali AMD Ryzen 9 4600HS yang dipadukan dengan kartu grafis Nvidia RTX 2060 Max-Q. Asus ROG Zephrus ini juga dibekali dengan RAM sebesar 8 GB DDR4 2400 MHz dan SSD M.2 sebesar 1 TB. Untuk sebuah laptop berukuran 14 inci, G14 memiliki tenaga yang cukup dengan CPU 7-core dan GPU RTX. Saat digunakan  bermain e-sports, ROG Zephyrus G14 GA401II tampil  sangat baik. Saat memainkan Overwatch, Anda dapat mengharapkan rata-rata lebih dari 110 fps  pada pengaturan tinggi. 

Selain performa andal yang luar biasa dari ROG Zephyrus G14 GA401II, daya tahan baterai Asus ROG Zephyrus G14 juga menjadi keunggulannya. Jika Asus ROG ini hanya digunakan untuk browsing web melalui Wi-Fi dengan kecerahan 150 nits, baterainya mampu bertahan hingga 11 jam  32 menit. 

Daya tahan baterai  ROG Zephyrus G14 GA401II menjadikannya laptop gaming paling tahan lama yang dapat Anda beli saat ini. Sayangnya jika digunakan untuk gaming,Asus ROG Zephyrus ini hanya mampu bertahan 1-2 jam saja. Baca juga

4. ASUS X550VX

ASUS X550VX

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa informatika yang ke empat yaitu Asus X550VX. Laptop ini cocok bagi Anda yang sedang mencari laptop untuk pekerjaan multimedia, editing desain, dan editing video. Hallo selamat sobat Laptop Arena, ketemu lagi dengan artikel terbaru kami. Nah, artikel terbaru kami kali ini  adalah tentang laptop gaming  Asus seri X terbaru yakni Asus X550VX. Sebelumnya, Seri 

Asus X550VX memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan  resolusi 1366 x 768 piksel. Sedangkan ukuran bodinya 38,0 x 25,1 x 2,92 – 3,17 cm dan bobot mencapai 2,45 kg. Dari segi desain tampilan, Asus X550VX  terlihat seperti kebanyakan laptop Asus seri X. Hanya saja tampilannya terkesan lebih kokoh dan garang. Selain itu, terdapat kombinasi warna merah pada karakter keyboard dan tepian touchpad. 

Performa  tinggi menjadi keunggulan utama yang ditawarkan  laptop gaming Asus X550VX ini. Dengan membawa prosesor Intel Core i7-6700HQ Skylake Quad-Core berkecepatan 2,6 GHz dan 6M Cache tentunya  menjanjikan performa yang handal dalam hal pengolahan data. Prosesor ini juga dipadankan dengan RAM 8 GB DDR4 2133 MHz. Selain itu, dari segi grafis, laptop ini menggunakan Nvidia GeForce GTX 950M 2GB. Dari segi penyimpanan, harddisknya ditawarkan dalam varian kapasitas mulai dari 500GB, 1TB pada 7200 rpm, dan 2 TB pada kecepatan 5.400 rpm. Dengan ruang penyimpanan yang cukup, kita bisa menggunakannya untuk menyimpan banyak file. Seperti file kunci super besar, film atau game  tanpa mengkhawatirkan sisa ruang penyimpanan. 

Asus X550VX yang kami rekomendasikan ini menyediakan RAM satu buah saja, dikarenakan Asus X550VX ini menggunkan RAM onboard bawaan dengan pilihan 4GB ataupun 8GB DDR4 PC 2133MHz. Nah, untuk satu slot sisa yang masih kosong, bisa diisi dengan tambahan memori RAM hingga total maksimal 20GB. Untuk sektor audio memang menjadi salah satu keunggulan dari Asus sendiri. Tidak berbeda dengan seri yang lainnya, seri X ini juga mengusung teknologi Asus SonicMaster dengan dua stereo berkualitas tinggi yang memukau indera pendengar anda. 

Jadi, dapat kami simpulkan kalau kelebihan laptop ini mempunyai performa yang bersaing dan juga layarnya yang cukup lebar. Adanya upgrade yang diberikan dari sisi hardware dibanding generasi pertamanya, membuatnya semakin bersaing dengan jajaran laptop gaming lainnya. Jadi menurut kami  Asus X550VX ini adalah salah satu  yang bisa dipertimbangkan. Namun Asus X550VX ini masih memiliki beberapa kekurangan, seperti tidak memiliki sistem operasi Windows pre-installed serta kapasitas baterai yang tergolong standar, padahal hardware yang digunakan cukup berat. 

 5. Asus VivoBook Ultra 15 K513EA OLED521

Asus VivoBook Ultra 15 K513EA OLED521

Rekomendasi Laptop yang ke lima yaitu VivoBook Untra 15 OLED521. Asus VivoBook Ultra 15 K513EA OLED521 merupakan laptop yang cocok untuk mahasiswa teknik informasi. Laptop ini mampu menciptakan pengalaman visual solid di kelasnya berkat dukungan layar berteknologi OLED yang biasanya hanya terdapat pada laptop kelas atas. 

Prosesor Intel Core i5-1135G7 generasi ke-11 dipadukan dengan RAM 8 GB. Performa Asus VivoBook Ultra 15 K513EA OLED521 juga bisa diandalkan. Berbeda dengan kebanyakan laptop saat ini yang bersifat built-in dan non-upgrade, Asus VivoBook Ultra 15 K513EA OLED521 justru menawarkan segudang opsi upgrade, mulai dari slot SODIMM,  2,5 inci, dan  slot PCIe M.2. 

Asus membekali laptop model Vivobook Ultra 15 K513EA OLED521 dengan layar berukuran 15,6 inci berteknologi Nano Edge Display berjenis OLED (Organic Light Etting Diode) beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menampilkan warna 100% -P3 color gamut dan jangkauan luas 178°, visi penuh untuk menikmati konten multimedia. Laptop ini juga mendukung fitur perlindungan Asus EyeCare  agar mata Anda tidak cepat lelah saat melihat layar dalam waktu lama. 

ASUS Vivobook Ultra 15 K513EA OLED521 Spesifikasi :

  • 15,6 Inci Resolusi FULL HD 1920 x 1080 piksel, 600 Nits, rentang warna 100d44 * DCI-P3, Bersertifikat Vesa 
  • HDR True Black 600, Asus Splendid 
  • Perawatan Mata Asus, Layar NanoEdge, sudut pandang lebar 178°  
  • Prosesor quad-core Intel Core i5-1135G7  (8 thread) 0,9-2,4 GHz TurboBoost 4,2 GHz 
  • Intel Iris Xe Graphics G7 (80 EU) 
  • RAM 8 GB (4 GB – dalam + 4 GB SODIMM build) DDR4-3 200 MHz, dapat diperluas hingga 16 GB 
  • 256 GB PCIe 3.0 x2 M.2 penyimpanan SSD (tersedia satu tempat drive  2,5 inci untuk hard drive SATA/SSD) 
  • WiFi 6 802.11 konektivitas kapak (2×2), – Bluetooth 5.0, port USB 3.2 Gen 1, port USB 3.2 Gen 1 Type-C, port USB 2.0, port HDMI, pembaca kartu MicroSD, jack audio kombo 
  • Keamanan sensor sidik jari (sensor sidik jari) fitur dengan Windows Hello 
  • Speaker stereo ganda yang disertifikasi oleh Harman Kardon, ICEpower, SonicMaster Audio 
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p 
  • Baterai lithium-polimer 3-sel 42 Wh, pengisian daya cepat 60°C 49 menit 
  • Microsoft Windows 10 sistem operasi 
  • Dimensi 35.90 x 23.50 x 1.79 ~ 1.79 cm 
  • Harga laptop Asus VivoBook Ultra 15 K513EA OLED521 adalah Rp 10.399.000. 

6. Asus Zenbook 14 UX425EA

Asus Zenbook 14 UX425EA

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa informatika yang ke enam adalah Asus ZenBook 14 UX425EA. Kehadiran seri AMD Ryzen 4000  Renoir dengan meluncurkan prosesor baru seri Core generasi ke-11 yang diberi nama  Tiger Lake. Prosesor ini  menggunakan teknologi manufaktur SuperFIN 10nm  yang efisien dan memberikan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 18% dibandingkan pendahulunya. Asus Zenbook UX425EA BM551TS merupakan salah satu laptop pertama di Indonesia yang dibekali prosesor Intel Core generasi ke 11. 

Menurut informasi yang dihimpun Laptophia, Asus Zenbook UX425EA BM551TS dibekali prosesor Intel Core i5-1135G7 yang dipadukan dengan RAM LPDDR4x berkapasitas 8 GB. Tampilan atau desain fisik  Asus Zenbook UX425EA BM551TS tidak jauh berbeda dengan Zenbook 14 generasi sebelumnya, masih dibekali prosesor Intel Core Ice Lake generasi ke-10 dan memiliki dua variasi warna: Pine Grey (BM551TS) dan Brume Lilac  (BM552TS). ). . 

Ultrabook  Asus Zenbook UX425EA BM551TS terbaru ini menggunakan bodi aluminium monolitik yang dipadukan dengan pola Zen yang mewah pada tutup LID. Selain itu, Asus juga membekali laptop ini dengan layar NanoEdge 4 sisi dan keyboard  edge-to-edge. Hal ini membuat ultrabook kelas atas besutan Asus ini semakin kompak dengan ukuran tipis  hanya setebal 1,39 cm dan bobot ringan di segmennya, yakni hanya 1,13 kg. Hal ini tentunya sangat membantu mobilitas pengguna. 

Asus membekali ultrabook kompak Zenbook UX425EA BM551TS dengan layar overflow 4 sisi berteknologi  NanoEdge Display  14 inci pada level IPS, LED backlight LCD (Light Emitting Diode) dengan  resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menampilkan warna 100% sRGB dengan kecerahan 300 nits. Cerah dan cukup untuk menikmati konten multimedia. Laptop ini juga mendukung fitur perlindungan Asus EyeCare  agar mata Anda tidak cepat lelah saat melihat layar dalam waktu lama. 

Selain itu, layar Zenbook UX425EA BM551TS kelas atas ini juga mendukung fitur Asus Splendid yang mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna. Ukuran layar  Zenbook UX425EA BM551TS berukuran 14 inci menggunakan teknologi  NanoEdge 4 sisi dengan rasio screen-to-body hingga 90%, menjadikan ukurannya sangat kompak, cocok untuk pengguna yang  sangat mobile. Asus  membekali laptop kelas atas Zenbook UX425EA BM551TS ini dengan sistem operasi original Microsoft Windows 10 x64 dan pre-installed Microsoft Office Home and Student 2019, sehingga pengguna tidak perlu membeli kembali lisensi sistem operasi  untuk menggunakan laptop tersebut. beroperasi secara normal untuk waktu yang lama. Performa 

 yang ditawarkan  ultrabook kelas atas Asus Zenbook UX425EA BM551TS ini bisa diandalkan dan mampu menangani komputasi masa kini menurut Laptophia karena mengandalkan dukungan prosesor quad-core Intel Core i5-1135G7 generasi berikutnya Tiger Lake (8 thread)  atau Intel Core Generasi ke-11 yang berjalan pada kecepatan standar 0,9 hingga 2,4 GHz dan TurboBoost hingga 4,2 GHz. Ultrabook kompak Asus Zenbook UX425EA BM551TS ini didukung RAM bawaan 8GB LPDDR4x-3200Mhz  sehingga tidak bisa diupgrade. 

Dari segi grafis, Asus Zenbook UX425EA BM551TS diklaim sangat bertenaga di segmennya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi  Intel Iris Xe Graphics G7 tanpa memerlukan dukungan grafis lepas. GPU Intel Iris Xe Graphics G7 dengan 80  unit eksekusi (EU) dengan kecepatan 400 hingga 1250 MHz. Performa grafis Intel Iris  

Selain itu, Asus Zenbook UX425EA BM551TS juga dilengkapi dengan fitur keamanan Face login yang mendukung kamera 3D IR HD yang dipadukan dengan Windows Hello. Ultrabook ultralight ini juga dilengkapi dengan engsel ErgoLift yang mampu meningkatkan kenyamanan mengetik, pendinginan  lebih optimal, dan keluaran suara maksimal dari speaker. 

Dari segi konektivitas, Asus Zenbook UX425EA BM551TS  cukup lengkap menurut  Blog Laptophia, berbasis WiFi 6 802.11ax (2×2), Bluetooth 5.0, port USB 3.1 Gen 1, port USB 3.2 Gen 2 Type-C (mendukung Thunderbolt 4, PowerDelivery dan DisplayPort 1.4), port HDMI dan pembaca kartu MicroSD. Keunggulan Asus Zenbook UX425EA BM551TS adalah dilengkapi NumberPad, sebuah touchpad yang juga berfungsi sebagai touchpad.

Jadi, Memilih Zenbook UX425EA BM551TS yang tepat sebagai mahasiswa informatika adalah keputusan yang penting. Selain mempertimbangkan anggaran Anda, Anda juga perlu memikirkan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan perangkat lunak dan tugas sehari-hari. Rekomendasi di atas mencakup berbagai pilihan, mulai dari MacBook Pro yang eksklusif hingga laptop yang lebih terjangkau. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan pribadi Anda dan memilih laptop yang sesuai dengan Anda.

Baca artikel lainnya untuk mendapatkan info menarik lainnya https://studytechnologysolutions.info/blog/