fakta menarik

Hai Sobat StudyTech…

Artikel kali ini tentunya membahas tentang mahasiswa informatika dong yaa. Pada pembahasan artikel kali ini tentunya ga kalah menarik dengan artikel-artikel di blog kami.

Artikel kali ini membahas hal yang lebih menarik dari sebelumnya yaitu Fakta Menarik Mahasiswa Informatika kalau anak zaman now nyebutnya Fun Fact Mahasiswa Informatika, tapi kita pakai bahasa manusia biasa aja deh ya gaperlu zaman zamanan yang penting kalian paham ajadeh.

Artikel ini bisa tergolong artikel spesial nih, karena artikel ini bisa di baca oleh semua kalangan mahasiswa baik yang dari jurusan sastra hingga teknik. Tapi ada peringatan nih buat mahasiswa selain informatika takutnya kalian bakalan berpaling hati dan jadi kepingin pindah di jurusan informatika gara-gara fakta menarik mahasiswa informatika ini.

Ga perlu berlama-lama lagi dehh, ini dia waktu yang sobat tunggu-tunggu yaitu 10 Fakta Menarik Mahasiswa Informatika Yang Harus Kamu Waspadai,

1. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswi Minoritas

Sebelumnya kalian tau ga ni minoritas itu apa? Dilansir dari wikipedia, minoritas adalah  kelompok sosial yang tak menyusun mayoritas populasi total dari voting dominan secara politis dari suatu kelompok masyarakat tertentu.Keanggotaan kelompok minoritas biasanya didasarkan pada perbedaan karakteristik atau praktik yang dapat diamati, seperti: etnis (etnis minoritas), ras (minoritas ras), agama (minoritas agama), orientasi seksual (minoritas seksual), atau disabilitas . Kalau kalian mau masuk jurusan Informatika jangan pernah berharap bakalan bertemu dengan para mahasiswi deh ya, apalagi kalau sobat mau masuknya di jurusan teknik informatika malah bisa gaada tuh mahasiswinya. Sekalipun ada mahasiswi pasti mahasiswinya bakalan jadi incaran mahasiswanya ni.

Tapi di era teknologi sekarang mahasiswi yang minat di jurusan informatika semakin meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena di jurusan informatika ini banyak sekali perkembangan pesat konsep pendidikannya dan semakin meluasnya prospek pekerjaan hal ini lah menjadi salah satu ketertarikan mahasiswi sekarang untuk mendaftar jurusan informatika. Biasanya, mahasiswa informatika lebih berketrampilan di lapangan atau diarahkan ke pemfokusan jaringan komputer, sedangkan mahasiswa lebih berketrampilan di depan komputer atau diarahke ke pemfokusan programmer, karena mayoritas mahasiswa lebih cepat menangkap pembelajaran dibandingkan mahasiswa dan mahasiswa lebih cepar menangkap jika dihadapkan dengan suatu kasus yang sudah jelas ada di depan mata.

Tapi balik lagi dong ya jika sobat berada atau ingin masuk di jurusan informatika jangan berharap bertemu dengan banyak mahasiswi di jurusan tersebut. Kalau berharap mau bertemu banyak mahasiswi mimin rekomen sobat buat ambil jurusan keprerawatan ajadeh dijamin bakalan banyak mahasiswinya tuh.

2. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Jarang Mandi

Fakta menarik yang ke dua ini jangan ditanyain lagi deh. Fakta ini sudah tidak perlu di pungkiri lagi dan bukan hal yang mengejutkan lagi deh ya, karena kenyataannya tidak hanya jurusan informatika yang jarang mandi terdapat juga jurusan lainnya. Hanya saja karena jurusan informatika sangat identik dengan mahasiswa maka dari itu banyak publik yang sering menyimpulkan bahwa mahasiswa informatika itu jarang mandi, walau menurut mimin sih emang iya ya karena mimin juga dari jurusan informatika dan memang teman-teman mimin juga pada jarang mandi nih hahaha.

Walau mahasiswa informatika jarang mandi mereka tetap terlihat ganteng-ganteng dan macho abiss deh. Jarang mandi mandi gitu mahasiswa informatika identik juga dengan kata buaya. Kalian udah kena perangkap kata kata manis buaya informatika belum nih.

3. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Sulit Tidur

Fakta menarik ke tiga ini sering kali di alami oleh mahasiswa khususnya jurusan informatika. Dikejar deadline hingga tidak bisa tidur sering dialami oleh mahasiswa informatika hal ini menjadi hal biasa bagi mereka. Mahasiswa Informatika sudah bagaikan kelelawar tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari. Tapi, disamping itu sobat yang sering begadang demi mengejar dealine suatu tugas tetap harus menjaga kesehatan demi hari tua nanti. Tidak pernah lupa mimin bakalan memberi tahu kalian beberapa tips untuk hidup sehat walau sobat sering begadang dilansir dari hallo sehat,

  1. Tidak mengonsumsi kopi berlebihan, karena kopi mengandung kafein. Konsumsi kafein secara berlebihan akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Tak hanya membuat Anda sulit berkonsentrasi, Anda juga berpotensi mengalami gejala kecemasan.
  2. Menguba waktu tidur, biasakan untuk tidur pada siang hari di dalam ruangan yang gelap. Anda juga dapat menggunakan penutup mata untuk tidur lebih nyenyak.
  3. Tidur siang, tidur siang sesuai aturan dapat membantu Anda terjaga lebih lama pada malam hari. Tidak perlu terlalu lama, cukup sempatkan 15 hingga 20 menit saja untuk tidur siang.
  4. Konsumsi camilan tinggi protein, tubuh perlu energi untuk dibakar agar dapat terjaga sepanjang malam. Satu lagi tips yang bisa Anda coba agar begadang jadi lebih sehat yakni memakan camilan yang sehat.
  5. Nyalakan lampu yang terang, ruangan yang gelap memberi isyarat bagi tubuh untuk melepaskan hormon melatonin. Hormon ini dapat membuat Anda merasa mengantuk.
  6. Aktif bergerak, saat mencoba begadang, cobalah untuk melakukan latihan aerobik selama 30 hingga 40 menit. Apabila tidak memiliki cukup waktu, sobat bisa berjalan bolak-balik di dalam ruangan selama 10 menit. Olahraga membuat tubuh mengirimkan sinyal agar otak tetap fokus dan waspada. Selain itu, asupan oksigen ke otak yang terus terjaga akan membantu fungsinya berjalan dengan normal.
  7. Mandi dengan air dingin, tips begadang sehat yang selanjutnya yaitu mandi dengan air dingin. Cara ini dapat membantu tubuh yang sebelumnya lelah menjadi lebih segar.

  8. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin, suhu ruangan paling pas untuk tidur nyenyak yaitu 18–20ºC. Jika Anda ingin melek sepanjang malam, atur suhu ruangan agar tak terlalu dingin, tapi juga tidak membuat Anda gerah. Tinggikan suhu AC ruangan hingga 23–25ºC atau pakai pakaian yang agak tebal. Suhu ini sesuai untuk menjaga tubuh tetap waspada dan mencegah cepat lelah akibat kepanasan.

Tidak apa begadang sesekali untuk mengerjakan apa yang diperlukan. Akan tetapi, jangan jadikan begadang bagian dari rutinitas harian sobat. Lakukan tips di atas agar begadang jadi lebih sehat. Pada dasarnya, efek begadang tetaplah buruk untuk kesehatan. Saat menjalani hari setelah begadang, pastikan sobat beristirahat dengan cukup dan kembali menerapkan pola hidup sehat. Jika sobat mengalami kesulitan untuk mengatur jam tidur sobat bisa menghubungi dokter sesegera mungkin agar mendapatkan waktu tidur yang lebih maksimal lagi.

4. Fakta Menarik Outfit Khas Mahasiswa Informatika

Fakta menarik keempat adalah outfit anak informatika yang khas apalagi anak teknik semakin khas lagi tentunya. Biasanya outfit mahasiswa informatika sangat simpel dan nyaman digunakan. Mau kemana pun sobat pergi, pakaian menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Tidak bisa dipungkiri, penampilan merupakan penilaian yang pertama dilihat dari seseorang sebelum melihat aspek lainnya. Apalagi kalau sobat ingin pergi ke kampus, sobat harus memperhatikan bagaimana pakaian yang akan kamu kenakan. Tentunya, kamu harus menentukan pakaian yang nyaman dan mendukung aktivitasmu. 

Seperti biasanya mimin selalu mempunyai rekomendasi buat kalian untuk mengkombinasikan outfit yang cocok nih,

Rekomendasi kombinasi outfit wanita,

  1. Blouse dan Celana Kulot untuk tampilan Rapi dan Elegan, gunakan kombinasi warna netral untuk terlihat lebih anggun dan sopan. Misalnya, kamu bisa mengombinasikan warna cream dan putih.
  2. Kemeja Panjang dan Rok Plisket Dipadukan Rompi untuk Tampilan Trendy, jika kamu menggunakan hijab dan suka memadukan jenis pakaian, outfit ini akan sangat cocok denganmu. Pilihlah kombinasi warna yang sedikit berani seperti perpaduan sage green dan hitam. Kamu juga bisa menggunakan flat shoes untuk melengkapi style-mu.
  3. Kemeja Flanel dan Rok Span untuk Tampilan Rapi, selain tampak menarik, kamu juga akan terlihat rapi dan percaya diri. Tentu, ini akan sangat mendukung performa mu apalagi ketika harus presentasi di depan kelas.
  4. Kemeja Flanel dan Loose Pants untuk Tampilan Energik, Lloose pants adalah jenis jeans dengan potongan yang longgar. Sehingga, celana ini tidak menonjolkan bagian tubuh saat dikenakan. Perpaduan Kemeja Flanel dan Loose Pants ini akan sangat cocok untuk kamu yang sedang banyak aktivitas kampus.
  5. Kulot batik dan Kemeja untuk Tampilan Elegan, perpaduan kulot batik dan kemeja bisa memunculkan kombinasi gaya yang elegan. Kamu akan terlihat lebih jenjang dengan menggunakan kulot dan tampak lebih anggun dengan kemeja.

Rekomendasi kombinasi outfit pria,

  1. Kaos Berkerah dan Celana Chino, celana chino ini sering digunakan karena cocok dipadukan dengan berbagai outfit dan acara formal maupun informal. Kombinasi outfit ini akan membuat kamu terlihat lebih santai.
  2. Kemeja Batik dan Celana Katun, kamu dapat menggunakan batik dengan dipadukan celana katun untuk menampilkan gaya elegan dan formal. Tidak perlu khawatir terlihat tua, kamu bisa kombinasikan warna sesuai selera.
  3. Kemeja Oxford dan Celana Jeans untuk Kegiatan Formal, jika kamu ingin datang ke seminar, workshop ataupun kegiatan formal lainnya, Kemeja Oxford dan Celana Jeans menjadi kombinasi yang sangat cocok. Kamu akan terlihat sangat rapi dengan perpaduan celana jeans dan kemeja berkerah tersebut.
  4. Cargo Pants dan Kemeja Flanel untuk Tampilan Santai, bagi kamu yang ingin memakai outfit yang santai tapi tetap cocok untuk ke kampus, kamu bisa menggunakan Cargo Pants dan Kemeja Flanel.
  5. Open Collar Shirt dan Formal Pants untuk Tampilan Elegan, bagi kamu yang ingin tampil simpel dan elegan, kamu bisa kombinasikan open collar shirt dan formal pants. Selain itu, kamu bisa membuat matching color yaitu dengan menggunakan kemeja open collar warna hitam dengan formal pants warna dark cream.

Nah, itulah rekomendasi outfit kuliah yang kece dan sopan di kampus. Jadi, outfit mana yang menjadi pilihan sobat? Yuk, persiapkan pakaian yang menarik agar memberikan kesan saat bertemu dosen dan masyarakat kampus lainnya.

5. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Harus Mengikuti Perkembangan Industri

Tentunya dengan luasnya prospek kerja pada jurusan informatika memilik fakta menarik yang cukup menantang untuk mahasiswa informatika. Fakta menariknya yaitu dengan berkembangnya teknologi dan meluasnya prospek kerja informatika hal ini justru membuat mahasiswa informatika harus terus mengkuti perkembangan informatika. Hal ini dikarenakan era teknologi sangat cepat berkembangnya jika sobat tertinggal 1 langkah saja maka 1 langkah itu terasa sangat jauh berkembangnya.

Era digital ini memaksa mahasiswa informatika untuk terus mengikuti setiap perkembangan baik itu programmer maupun jaringan.
Tentunya jika sobat mengikuti perkembangan industri di era digital ini sobat akan mudah mendapatkan perusahaan yang sobat inginkan. Banyak nilai positif yang dapat sobat ambil ketika mengikuti perkembangan industri,

  1. Tidak pernah ada kata berhenti untuk belajar
  2. Menjadi motivasi untuk terus mengasah skill
  3. Tidak tertinggal dengan uprage setiap industri
  4. Siap terjun langsung ke dunia industri mendatang
  5. Memiliki bekal di dunia industri

6. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Informatika Pantang Menyerah

Fakta menarik ke tujuh ini dimiliki oleh hampir seluruh mahasiswa informatika hal ini dikarenakan mahasiswa informatika harus bisa menyelesaikan setiap projek maupun tugas yang di berikan mulai dari membuat website, membuat aplikasi, dan lain lain yang tentunya berhubungan dengan program.

Fakta menarik nya ketika menyelesaikan suatu projek terkadang mahasiswa informatika menemukan eror pada suatu programnya dan bagimanapun caranya harus menemukan cara agak program tersebut tidak eror. Jika kalian mahasiswa informatika yang sering menjumpai eror maka mimin mempunyai tips dan trik biar sobat tidak pusing ketika dihadapkan dengan kondisi program yang eror, dilansir dari niaga hoster

  1. Menulis perintah atau kode dengan benar.
  2. Menemukan kode yang salah dan menggantinya dengan yang benar.
  3. Melakukan pengujian dengan bantuan perangkat lunak debugging.
  4. Mengubah data input untuk memperbaiki error dan mencegah terjadinya error di masa mendatang.
  5. Memeriksa kembali setiap kode yang dimasukkan ke dalam program untuk menghindari kesalahan.
  6. Sebelum membuat program, pastikan Anda menuliskan ide, rumus, fungsi, atau algoritma dari program tersebut.
  7. Periksa kembali catatan yang sudah dibuat agar Anda lebih memahami cara kerja program tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mencari celah dari kesalahan yang muncul.
  8. Setiap kali terjadi kesalahan, coba pahami maknanya dan temukan garis di mana kesalahan itu terjadi.
  9. Pastikan Anda tidak menghilangkan titik koma dan jangan gunakan variabel yang tidak diinisialisasi.

Itu dia tips dari mimin untuk menghadapi program yang eror biar sobat tidak kebingungan ketika menghadapinya.

7. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Mayoritas Jomblo

Fakta menarik ke delapan ini pasti ada di kalian nihh ya hahaha. Tenang sobat, jomblo hanya perihal status aja yang terpenting walau sobat jomblo sobat harus terus menguprage diri sobat menjadi lebih baik lagi jangan karena jomblo sobat jadi tidak mau berkembang dan cuma stuck di dalam zona nyaman sobat aja ya.

Mahasiswa Informatika mayoritas jomblo tapi hal ini bukan suatu masalah bagi mereka yang penting mahasiswa informatika bisa menyelasaiki projek atau program nya sesuai deadline yang diberikan. Walaupun mahasiswa informatika punya pasangan, pasangannya harus siap siap buat bersabar karena bakalan di duain sama komputer atau laptop, ibaratnya mahasiswa informatika itu udah kayak plankton sama karen di film spongebob aja nih. Kalau kalian punya pasangan mahasiswa informatika sabar sabarin ajadeh kalau pasangan kalian sibuk banget sampai kadang lupa ada kalian. Tapi tenang karena di jurusan informatika ini minoritas mahasiswinya jadi kalian sebagai pasangannya tidak tersaingi dengan wanita lain kuncinya adalah lelaki kalian ga buaya ya hahaha.

8. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Logika Berjalan

Fakta menarik ke delapan adalah logika berjalan. Logika berjalan disini berarti ketika mahasiswa informafika menemui suatu masalah dan harus menyelesaikan masalah tersebut maka mahasiswa informatika akan lebih berfikir kritis. Hal ini di karenakan mahasiswa informatika selalu dihadapkan oleh masalah ketika mengcoding dari sinilah mahasiswa informatika di wajibkan untuk berfikir dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Di dalam hal ini mahasiswa akan diasah dalam pola berfikir kritis.

Fakta menarik ini, sobat berfikir dengan logika merupakan hal yang harus di terapkan oleh mahasiswa informatika dalam menyelesaikan tugasnya dalam membuat algoritma atau program, misal membuat program A, kok hasilnya bisa seperti ini ya. prosesnya bagaimana. berarti kita harus berfikir dengan logika agar program A dapat diselesaikan, mungkin ini ya sebabnya wanita kurang cocok kalo masuk informatika, terlalu pake perasaan si. Tapi dibalik hal tersebut wanita dalam informatika sangat dibutuhkan karena ketelitiannya apalagi ketika di hadapkan oleh program yang eror karena hal sepele, maka wanita akan lebih cepat menemukan letak ke erorrannya.

9. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Merupakan Calon Pasangan Idaman

fakta menarik

Fakta menarik ke sembilan yaitu mahasiswa informatika merupakan calon pasangan hidup idama. Nah yang ini pasti kalian semua setuju kan yaa? mahasiswa teknik informatika adalah calon pasangan hidup idaman. Titik koma aja di perhatikan apalagi kamu ? iya kamu!. Mahasiswa teknik informatika memiliki fakta menarik yang bakalan menarik hati para wanita.

Fakta menarik nya mahasiswa informatika cenderung orangnya teliti, berfikir logis dan selau berfikir untuk beberapa masa yang akan datang, anak teknik informatika juga orang nya melek pengetahuan dan terbuka akan perubahan. Sehingga dapat disimpulkan jika kita mempunyai pasangan mahasiswa teknik informatika sudah pasti mempunyai masa depan yang terencana. Belum lagi mahasiswa teknik informatika itu selalu kuat menghadapi cobaan, tidak pernah menyerah dalam menghadapi masalah dan selalu mencoba untuk menyelesaikannya, bagi mereka pantang berhenti sebelum menemukan solusi . Emang si biasanya tampang mahasiswa informatika itu cenderung datar, tapi kualitas nya itu loh ? ngak nahan,.. hehe yakinlah wahai perempuan bahwa mereka layak sebagai pasangan idaman. Berbanggalah sobat jika kalian memiliki pasangan mahasiswa informatika dijamin ga nyesel, tapi carinya yang engga buaya yaa.

10. Fakta Menarik Bahwa Mahasiswa Tukang Tidur di Kelas

fakta menarik

Fakta menarik terakhir adalah mahasiswa informatika tukang tidur di kelas. Hampir semua mahasiswa teknik informatika kecuali yang punya ambisi yang mantap, mengalami rasa ngantuk menyerang saat kelas sedang berlangsung. Entah itu cewe ataupun cowo. Dengan santainya tidur di dalam kelas saat dosen sedang menerangkan materi di depan. Tapi fakta menariknya walaupun mahasiswa informatika tidur di kelas mereka tetap bisa menyelesaikan segala tugas yang di berikan guru entah sebenarnya mahasiswa informatika jenius atau anak berkekuatan khusus ya.

Menurut hallo sehat penyebab sobat cepat mengantuk saat pembelajaran yaitu mengantuk setelah makan sebenarnya ini merupakan hal yang wajar dan sobat tak perlu merasa khawatir karena hal tersebut. Pasalnya, rasa kantuk ini biasanya akan hilang setelah beberapa saat. Saat porsi makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, sobat akan merasa kekenyangan, sehingga memicu timbulnya rasa mengantuk saat belajar yang sulit hilang. Selain itu, jika sering merasa mengantuk saat sedang belajar, mungkin Anda mengidap hipersomnia. Ini adalah kondisi saat seseorang terus mengantuk sepanjang hari atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk tidur.

Setiap menjalani aktivitas yang memerlukan konsentrasi, pengidap hipersomnia akan langsung merasakan rasa kantuk yang amat sangat. Bahkan, meskipun pada malam sebelumnya telah tidur dengan waktu yang cukup. Nah, salah satu dari kondisi tersebut memiliki potensi menjadi penyebab rasa kantuk yang hadir saat sedang belajar.

Kebiasaan ini sebenarnya kebiasaan yang kurang baik untuk di tiru ya sobat, karena bagaimanapun sobat harus menghargai dosen ataupun orang yang berbicara di depan kelas. Jika sobat menghargai orang maka sobat akan dihargai oleh orang di sekitar sibat juga, intinya balik ke awal bahwa pribahasa tabur tuai memang benar adanya. Jika sobat mau di hargai maka sobat juga harus menghargai. Seperti biasa mimin punya tips dan trik biar sobat tidak merasa mengantuk dan tertidur di kelas nih, dilansir dari hallo sehat

  1. Berdiri lalu bergerak, mungkin cara ini agak sulit untuk sobat lakukan ketika sedang belajar di ruang kelas. Akan tetapi, cara untuk menghilangkan ngantuk ini bisa sobat coba saat belajar mandiri. Cara ini dapat meningkatkan energi, membantu Anda tetap terjaga, dan membantu melepaskan stres yang mungkin Anda rasakan saat belajar, khususnya menjelang ujian. Dengan bergerak seperti berjalan-jalan berkeliling kelas atau halaman rumah, jantung dapat memompa darah lebih cepat. Alhasil, energi yang hilang akan kembali dan konsentrasi Anda akan semakin meningkat.
  2. Gunakan cahaya yang memadai, tubuh kita dapat memberikan respons terhadap sinyal yang berasal dari lingkungan, seperti cahaya dan kegelapan. Hal ini bisa saja terjadi karena protein dalam tubuh yang teraktivasi saat tubuh terpapar oleh sinar. Oleh sebab itu, jika ingin belajar, cobalah untuk menggunakan cahaya yang memadai.
  3. Duduk yang tegak, hal ini sedikit banyak dapat membantu Anda untuk tidak mudah mengantuk. Apalagi, jika belajar sambil berbaring, aktivitas pada sistem saraf parasimpatetik yang berfungsi untuk beristirahat akan meningkat. Sementara, jika duduk dengan tegak, aktivitas pada saraf simpatetik yang berfungsi mengontrol agar tetap fokus lah yang akan meningkat.
  4. Konsumsi makanan sehat, sobat bisa mengonsumsi yoghurt dan buah-buahan segar sebagai alternatif pilihan camilan sehat untuk melawan rasa mengantuk saat belajar.
  5. Perbanyak minum air, saat cairan dalam tubuh tetap terjaga, darah dapat terus membawa oksigen dan berbagai nutrisi yang otak butuhkan. Alhasil, Anda akan tetap bisa fokus saat belajar. Masalahnya, sedikit saja tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, Anda akan langsung merasakan kelelahan, cepat merasa emosional, dan tentu saja mengantuk saat belajar atau berkonsentrasi.
  6. Tidur yang cukup, hal ini bisa Anda lakukan dengan menjaga kualitas tidur pada malam hari. Namun, tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencoba untuk tidur pada siang hari. Selain dapat membantu Anda mengembalikan energi, menurut salah satu peneltian tahun 2019, tidur siang juga dapat membantu meningkatkan memori belajar.

Nah itu tadi pembahasan artikel kali ini tentang fakta menarik mahasiswa informatika tentunya menarik dong ya. Fakta menarik ini diambil dari berbagai sumber jadi tidak dijamin 100% kebenarannya, semua tergantung pada diri masing-masing mahasiswa saja. Baca juga artikel kami lebih lanjut ya baca selengkapnya.