Top 8 Perusahaan IT untuk Magang Mahasiswa Informatika 

Jurusan ilmu komputer sering kali mendekati kesempatan untuk merasakan dunia nyata selama masa studi mereka. Kamu juga bisa bergabung dan meraih pengalaman praktis di dunia teknologi informasi global dengan menjalani magang di perusahaan IT. Di Indonesia, negeri yang teknologinya terus berkembang, peluang magang untuk mahasiswa TI tersebar luas. Maka, artikel ini akan mengajakmu untuk melihat 8 perusahaan IT besar di Indonesia yang menjadi pilihan sempurna bagi magangmu. Di sini, kita akan mengulik informasi penting tentang setiap perusahaan dan juga berbagi kisah nyata dari mahasiswa IT yang telah sukses menjalani program magang di sana. Temukan peluang ini dan raih pengalamanmu!

1. Telkom Indonesia Tempat Magang Mahasiswa

Di kutip dari https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22 Bro, gue mau cerita nih soal PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau yang lebih dikenal sebagai Telkom. Ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus pada jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta jaringan telekomunikasi di Indo.

Mayoritas saham Telkom dipegang sama Pemerintah Indo sekitar 52.09%, dan sisanya, sekitar 47.91%, dimiliki oleh publik. Kalo lo penasaran, saham Telkom juga diperdagangkan di Bursa Efek Indo (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”. Jadi, ini bukan cuma perusahaan biasa, guys, Telkom punya sejarah panjang dan punya pengaruh gede dalam perkembangan telekomunikasi di Indo!

Nih, geng! Jadi, TelkomGroup lagi pada ambil langkah serius nih buat jadi perusahaan telekomunikasi digital. Mereka udah masang strategi bisnis yang ngefokus ke pelanggan, jadi ‘customer-oriented’ gitu. Biar makin ramping dan lincah buat ngehadepin perubahan di industri telekomunikasi yang nggak sabar-sabar berubah.

Nah, ini, lini bisnis TelkomGroup makin luas, dengan nambah teknologi dan digitalisasi. Tapi, tetap di jalan industri telekomunikasi dan informasi. Makanya, bisnis-bisnis baru ini bisa nambahin ‘legacy’ yang udah ada.

Buat kalian yang anak informatika, PT Telkom Indonesia jadi tempat yang oke nih. Mereka punya program kerja sementara yang ciamik banget. Bisa nyobain berbagai hal, kayak komunikasi media, keamanan data, dan inovasi-inovasi terbaru.

Ini nih yang asik, PT Telkom Indonesia udah jadi pelopor di industri komunikasi penyiaran di Indo. Jadi, kerjaan sementara di sini bisa bikin kalian main-main sama teknologi paling mutakhir dan paham banget dasar-dasarnya di komunikasi penyiaran.

Dan yang paling oke, PT Telkom Indonesia itu punya tingkat pekerjaan sementara yang kuat banget. Banyak posisi level entry-level yang berakhir dengan tawaran kerja lebih lanjut. So, banyak temen-temen sebelumnya udah sukses nyari kerjaan di berbagai bidang di sini. Gak salah coba, kan?

2. Google Indonesia

Cekidot, guys! Google Indonesia itu adalah cabang dari raksasa teknologi, Google Inc. Nah, jadi, mereka salah satu kantor Google di Asia Tenggara yang bantu ngayamin kebutuhan pengguna dan mitra bisnis di Indo. Sekarang, kita bahas beberapa info penting tentang mereka, ya!

Jadi, Google, itu kan perusahaan teknologi paling gede di jagad raya ini. Nah, PT Google Indonesia juga punya program buat mahasiswa informatika. Makanya, kerjaan sementara di sini itu kayak jendela buat liat dunia inovasi. Kalian bakal nyemplung langsung ke dalam organisasi yang pusat inovasi.

Nah, pekerjaan sementara di Google Indonesia itu benar-benar keren, geng! Kamu bakal terlibat langsung sama perkembangan terbaru, pembenahan program, dan pengecekan info bareng para ahli.

Sekilas info lagi nih, program kerja sementara di Google Indonesia itu super-serius, dan nggak gampang masuknya. Tapi ya, kalo kamu lolos, prestasimu bisa dikenal dunia!

Gak cuman itu, teman-teman sebelumnya yang kerja di Google Indo ada yang berhasil bikin aplikasi dan produk inovatif yang bermanfaat banget, atau malah mereka ngebentuk organisasi sendiri di bidang inovasi. Jadi, kesempatan besar nih buat kamu yang punya ide gila! Semangat!

3. Gojek Indonesia

Bro, kita ngebahas soal Gojek, loh! Jadi, Dilansir oleh Wikipedia Gojek ini adalah perusahaan teknologi yang berasal dari Indo yang bikin jasa ojek ngehits. Didirikan tahun 2009 di Jakarta sama Nadiem Makarim. Sekarang, Gojek udah merambah ke 50 kota di Indonesia, bro! Dulu, di bulan Juni 2016, aplikasi Gojek diunduh hampir 10 juta kali di Google Play buat pengguna Android, dan ada juga di App Store. Eh, Gojek juga punya fitur pembayaran digital, Gopay namanya. Asyik, kan? Dan sekarang, Gojek merambah ke Vietnam dan Singapura juga!

Nah, Gojek itu salah satu raksasa teknologi di Indonesia. Mereka punya program magang buat yang mau belajar tentang pemrograman, pemeriksaan data, dan manajemen item. Buat yang punya otak kreatif, kesempatan besar nih buat nambah ilmu!

Kalo magang di Gojek Indo, kamu bakal belajar betapa pentingnya inovasi buat ngubah cara orang berinteraksi sama layanan sehari-hari. Dan yang asik, Gojek suka pilih asisten magang buat jadi pegawai tetap, bro!

Beberapa temen yang sebelumnya magang di Gojek udah jadi tulang punggung perusahaan ini. Mereka ikut andil dalam bikin produk dan layanan baru. Jadi, kalo lo pengen ambil peran penting dalam sebuah perusahaan, Gojek bisa jadi pilihan tepat!

4. Tokopedia

Geng, kita lagi bahas PT Tokopedia nih! Ini perusahaan teknologi dari Indo yang punya misi ngebantu meratakan ekonomi lewat jalur digital di Indonesia. Visi mereka simpel, bikin ekosistem di mana siapa aja bisa mulai usaha dan temuin apa aja yang mereka butuhin. Saat ini, Tokopedia adalah marketplace paling populer buat warga Indo. Mereka juga ngebantu banget para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan individu buat promosiin produk mereka lewat internet, dengan dukungan pemerintah dan banyak pihak lain. Coba bayangin, sejak Maret 2018, mereka bikin acara tahunan keren namanya MAKERFEST!

Jadi, Tokopedia adalah salah satu pemain besar dalam bisnis online di Indonesia, teman-teman. Mereka punya program magang buat yang mau belajar soal pemrograman, pemeriksaan data, dan rencana UX/UI (yang keren itu loh, User Experience/ User Interface). Nah, kalo kamu pengen ikutan berkontribusi dalam pengembangan bisnis mereka di dunia web, posisi magang ini bisa jadi batu loncatan yang oke.

Magang di Tokopedia bisa bener-bener ngasih kamu pemahaman yang dalam soal bisnis online, dan gimana inovasi digunakan dalam perusahaan berbasis web kayak gini.

Mereka tuh rajin banget nih, geng, milih asisten magang buat berbagai posisi di perusahaan mereka. Dan loh, banyak juga temen-temen yang dulunya magang di Tokopedia, sekarang udah sukses di dunia inovasi dan bisnis berbasis web. Kesempatan yang menarik, kan? Gas pol!

5. Bukalapak

magang di perusahaan bukalapak

Bro, kita bahas PT Bukalapak.com nih! Jadi, Bukalapak itu perusahaan perseroan terbatas yang bergerak di bidang jasa portal web. Mereka punya platform e-commerce, di mana lo bisa jual-beli barang, pake fitur-fitur canggih, dan nikmatin layanan yang mereka tawarin. Nah, jadi kalo lo di Indo, lo bisa akses platform Bukalapak buat buka lapak, jual barang, beli barang, pake fitur, atau cuma cek-cok aja.

Ini, Bukalapak itu panggung besar buat inovasi bisnis dan keuangan berbasis web di Indo. Mereka juga punya program posisi entry level buat yang pengen belajar soal pemrograman, pemeriksaan data, dan urusan barang-barang.

Kalo lo ambil posisi entry level di Bukalapak, lo bisa dapet pemahaman soal hubungan antara inovasi dan bisnis di Indonesia. Ini nih kesempatan keren buat nambah pengalaman di dunia keuangan dan bisnis.

Mereka juga suka pilih para spesialis buat ditempatin di perusahaan mereka. Eh, coba lo tahu gak, banyak juga temen-temen sebelumnya yang magang di Bukalapak, sekarang malah udah sukses bikin perusahaan keuangan inovatif mereka sendiri. Jadi, kalo lo punya ide hebat, siapa tau bisa jadi kenyataan di Bukalapak!

6. Traveloka

Btw, kita lagi ngebahas Traveloka nih, bro! Jadi, ini perusahaan yang jago banget dalam urusan pesen-pesen tiket pesawat sama hotel secara online, terutama buat perjalanan dalam negeri di Indo. Mereka mulai beraksi tahun 2012 oleh trio hebat: Ferry Unardi, Derianto Kusuma, sama Albert Zhang. Nah, bukan main, Traveloka ini jadi salah satu perusahaan startup di Indo yang jadi unicorn, loh! Mereka juga ekspansi ke tiket kereta, bus, rental mobil, sampe aktivitas wisata. Tahun 2015, mereka udah merambah ke beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, sama Filipina.

Traveloka, ini adalah lembaga inovasi terbesar di Indo yang fokus pada pergerakan dan cara hidup, bro! Mereka punya program posisi entry level buat yang mau belajar tentang pemrograman, pemeriksaan data, dan bisnis. Kalo lo punya ide gila buat ngubah cara orang liburan atau traveling, peluangnya ada di sini, bro!

Kalo lo join posisi entry level di Traveloka, lo bisa ngebayangin inovasi dalam dunia travel dan gaya hidup itu gimana, lo! Mereka serius banget soal program entry level-nya.

Beberapa temen sebelumnya yang udah magang di Traveloka, mereka jadi pemain kunci dalam ngegali aplikasi sama pengembangan perjalanan. Ini kan peluang keren buat jadi bagian dari tim kreatif yang bikin inovasi di dunia travel. Semangat, bro!

7. Blibli.com

Btw, kita bahas Blibli.com nih, teman-teman! Jadi, ini anak perusahaan dari Djarum yang bergerak di dunia digital dan mereka mulai beraksi tahun 2010. Blibli tuh perusahaan e-commerce orisinil buatan Indonesia yang fokus banget dalam bikin tempat belanja yang cocok buat semua orang, baik individu maupun institusi. Mereka punya platform perdagangan yang aman buat semua tipe gaya hidup.

Blibli.com adalah salah satu tempat utama buat bisnis online di Indo, guys! Mereka juga punya program kerja sementara buat yang pengen belajar tentang pemrograman, pemeriksaan data, dan barang-barang.

Kalo lo join di posisi sementara di Blibli.com, lo bisa dapet pemahaman yang bagus soal bisnis online dan gimana cara berbisnis di dunia maya.

Mereka suka pilih pelajar sebelumnya buat banyak situasi di perusahaan mereka. Dan teman-temen yang pernah magang di Blibli.com, banyak yang udah sukses di industri bisnis online, guys! Jadi, kalo lo pengen merasain kesuksesan kayak mereka, jangan ragu buat coba!

8. Shopee Indonesia

Eh, guys, kita bahas Shopee nih! Jadi, ini situs belanja online yang berasal dari Singapura, dan milik Sea Limited (dulu namanya Garena). Didirikan tahun 2009 sama Forrest Li. Shopee pertama kali muncul di Singapura tahun 2015, dan sejak itu, mereka udah ngejar pasar ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indo, Vietnam, sama Filipina. Tahun 2019, Shopee juga melangkah ke Brasil, jadi Shopee jadi yang pertama kunjungi Amerika Selatan dan keluar dari Asia. Di Shopee, mereka punya bos bernama Chris Feng, dia dulunya pimpin Zalora dan Lazada, lho!

Shopee ini adalah panggung besar buat bisnis online, terutama di Indo, guys! Mereka juga buka program kerja sementara buat yang mau belajar tentang pemrograman, pemeriksaan data, dan barang-barang.

Kalo lo join di posisi kerja sementara di Shopee Indo, lo bisa nangkep lebih banyak soal bisnis online dan inovasi cicilan. Ini kesempatan keren buat nambah pengalaman dalam dunia e-commerce dan sistem pembayaran.

Eh, ini nih, Shopee Indo punya program posisi entry level yang ketat, guys. Tapi, banyak juga teman-teman sebelumnya yang magang di Shopee Indo udah berhasil bangun karir di bisnis berbasis web sama industri pembayaran. Jadi, jangan ragu buat coba, ya!

Kesimpulan

Yow, teman-teman! Gini nih, kalo lo mahasiswa informatika, kesempatan magang di organisasi IT top di Indo itu bener-bener kesempatan besar buat lo. Setiap organisasi yang gue sebutin di atas punya peluang yang beda-beda buat lo kembangin kemampuan dan dapet insight dalam industri inovasi data yang lagi ngehits.

Selain itu, mereka juga bisa ngasih lo pemahaman luas tentang berbagai aspek inovasi, bisnis online, dan perkembangan cepatnya inovasi di dunia finansial Indo.

Tapi, guys, lo harus pintar-pintar cari posisi entry level yang sesuai sama passion dan cita-cita lo. Soalnya, di dunia inovasi, pengalaman di posisi entry level bisa jadi kunci buat membangun karir yang keren. Nah, kalo lo milih salah satu dari sepuluh organisasi IT papan atas di Indo yang gue sebutin di atas, lo udah mulai jalanin perjalanan buat kembangin kemampuan dan pemahaman yang bakal bantu lo jadi jagonya dunia inovasi data.

Nih, jangan lupa cek website kita buat info seputar dunia informatika yang keren, ya! disini