Hai Sobattt…

udah tahu belum nihh gimana sih cara meningkatkan keamanan siber??

simak penjelasan mimin kali ini yaaa…..

Siber

Saat ini teknologi telah digunakan pada semua bidang. Semakin banyaknya data yang disimpan di internet dan penggunaan teknologi yang semakin luas juga berarti semakin tinggi resiko keamanan siber. Dengan semakin banyaknya data dan informasi yang disimpan secara online, ancaman keamanan siber pun semakin meningkat.

Keamanan siber adalah konsep yang merujuk pada upaya untuk melindungi data dan sistem dari serangan siber, seperti virus, malware, atau serangan siber. Ini melibatkan penggunaan teknologi, kebijakan, dan praktik terbaik untuk mencegah dan mengatasi ancaman keamanan siber.

Pentingnya ancaman siber tidak dapat diragukan lagi. Serangan siber dapat mengakobatkan kerusakan yang serius pada sistem infrastruktur, termasuk kehilangan data penting, gangguan layanan, dan hilangnya kepercayaan publik. Hal ini dapat berdampak negatif pada bisnis dan perekonomian secara keseluruhan.

Apa itu keamanan siber?

Keamanan siber adalah praktik melindungi komputer, jaringan, aplikasi perangkat lunak, sistem kritis, dan data dari potensi ancaman digital. Organisasi memiliki tanggung jawab untuk mengamankan data guna menjaga kepercayaan pelanggan dan memenuhi kepatuhan terhadap peraturan. Organisasi menggunakan langkah-langkah dan alat keamanan siber untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah, serta mencegah gangguan dalam operasi bisnis karena aktivitas jaringan yang tidak diinginkan. Organisasi menerapkan keamanan siber dengan merampingkan pertahanan digital di antara personel, proses, dan teknologi.

 

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keamanan siber

1. Gunakan Kata Sandi Yang Kuat

Kata Sandi

Setiap orang tentu membutuhkan password pada mayoritas aktivitas online seperti memeriksa email atau perbankan online. Memang lebih mudah untuk setiap orang membuat dan mengingat password yang sederhana. Namun, perlu dipahami bahwa hal ini beresiko pada keamanan online. Manfaat jika anda menggunakan contoh password yang kuat adalah data pribadi anda aman, termasuk data di media sosial, hingga data data yang tersimpan pada perangkat komputer maupun ponsel. Data di akun akun yhang terkait dengan keuangan juga akan lebih aman. Seperti email, akun internet dan mobail banking, akun dompet digital, akun belanja online di ecommerce, dan lain sebagainnya berikut adalah beberapa kesalahan saat membuat kata sandi

a. menggunakan kombinasi nama dan tanggal lahir

b. Password Kurang Dari 6 Karakter

c. Menggunakan Password Yang Sama di Semua Akun

d. Menggunakan Pola Sederhana

2. Perbaharui Sistem dan Perangkat Lunak Secara Teratur

Perangkat lunak

Perbaharui sistem dan perangkat lunak secara teratur untuk memastikan bahwa perangkat anda dilengkapi dengan patch terbaru yang membantu melindungi dari ancaman siber. Ini termasuk perangkat lunak anti virus, browser web, dan sistem operasi

3. Batasi Akses Pengguna

Batasi akses penggunak ke data sensitif dan penting. Hanya berikan alses kepada orang yang membutuhkannya, dan pastikan bahwa hak akses diatur dengan benar. Menjaga keamanan data dan sistem menjadi prioritas utama bagi tiap perusahaan di era digital yang semakin kompleks dan berisiko tinggi seperti sekarang ini. Serangan siber yang terus meningkat telah memaksa kita untuk lebih berhati-hati dalam mengelola akses ke sistem dan informasi penting. Salah satu pendekatan yang semakin populer dalam menjaga keamanan ini adalah Privileged Access Management (PAM).

PAM adalah solusi yang dirancang untuk membatasi dan mengawasi akses ke akun-akun dengan tingkat hak istimewa, seperti administrator jaringan, pemilik sistem, atau pengembang aplikasi. Guna memahami lebih lanjut, artikel ini akan membahas lebih detail tentang PAM serta manfaat dari implementasi PAM dalam lingkungan perusahaan. Mari kita lihat mengapa PAM menjadi langkah yang penting dalam memitigasi ancaman siber yang semakin meningkat.

4. Gunakan solusi berbagai file yang Aman untuk Mengenkipsi Data

keamanan

Jika Anda rutin berbagi informasi rahasia, Anda benar-benar harus mulai menggunakan solusi berbagi file yang aman. Email biasa tidak dimaksudkan untuk bertukar dokumen sensitif, karena jika email disadap, pengguna yang tidak berwenang akan memiliki akses ke data berharga Anda.

Di sisi lain, menggunakan solusi berbagi file yang aman seperti TitanFile akan secara otomatis mengenkripsi file sensitif sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pelanggaran data. Ingat, file Anda hanya seaman alat yang Anda pilih untuk membagikannya.

5. Selalu Awasi Akun Anda

awasi akun anda

Pantaulah akun Anda secara terus-menerus. Jika Anda mendeteksi sesuatu yang tidak biasa, seperti pergantian password tanpa sepengetahuan Anda, kemungkinan akun Anda telah dibobol hacker.i3 sebagai salah satu penyedia layanan security managed services di Indonesia memberikan sepuluh tips di atas agar dapat Anda terapkan dalam bisnis dan meningkatkan postur security yang ada. Pastikan keamanan sistem perusahaan Anda tetap aman dan berada di tangan yang tepat. Kunjungi halaman solusi cyber security kami untuk informasi lebih lanjut, atau kontak langsung tim sales kami melalui halaman.

6. Selalu Kunci Perangkat Anda

Jangan pernah tinggalkan perangkat Anda sembarangan. Apabila Anda perlu meninggalkan perangkat Anda, walaupun hanya dalam waktu sejenak, kuncilah perangkat tersebut supaya orang lain tidak dapat menggunakannya. Hal ini juga berlaku untuk flash disk dan hard disk eksternal Anda.

Baca juga

kunjungi website kami untuk mendapatkan info menarik lainnyahttps://studytechnologysolutions.info/