Hai sobat StudyTech…

Pada artikel kali ini mimin bakalan membahas tentang tips-tips yang harus mahasiswa kuasai dalam pemrograman informatika. Jika sobat masih bingung gimana sih cara biar sobat bisa menguasai pemrograman. Tentunya untuk menguasai pemrograman diperlukan trik dan tips agar sobat bisa lebih cepat untuk memahami pemograman informatika ini. Pemograman informatika tentunya sangat penting bagi kehidupan mendatang terutama buat sobat yang mengambil jurusan atau bidang IT. Pemrograman sendiri adalah proses membuat program di komputer. Pembuatan program ini bisa berupa websitesoftware, aplikasi android, dan sebagainya. Pemrograman dimulai melalui beberapa tahapan, seperti tulis-menulis, menguji, merevisi, mengevaluasi, serta pengujian kembali. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan terus-menerus sampai program jadi sesuai yang diinginkan.

Dalam pemrograman informatika memiliki banyak bahasa pemrograman terdapat java script, html, php, phyton, sql, dan masih banyak lainnya. Tapi, sebelum sobat belajar pemrograman sobat harus menetapkan nih bahasa pemograman apa yang mau sobat pelajari, usahakan sobat memiliki 1 atau 2 fokus bahasa pemograman untuk di pelajari di awal-awal karena jika tidak sobat akan tidak maksimal dalam mempelajari pemograman.

Sobat pasti mau dong tau apa aja sih tips biar sobat bisa mempelajari pemrograman informatika dengan cepat dan mudah dalam menguasainya. Berikut tips dari mimin untuk sobat StudyTech yang ingin mempelajari pemrograman informatika.

1. Memahami Dasar Pemrograman Informatika

pemroraman informatika

Sebelum Sobat ingin menguasai pemrograman, tentu sobat harus mencari tahu apa yang sebenarnya ingin sobat kerjakan. Kalian harus mencari tahu dan mengerti apa yang dimaksud dengan programming dan apa tujuan dari programming. Dengan mengetahui dasar-dasar dan tujuan programming tentu akan lebih mudah untuk belajar dan memahami programming itu sendiri.

Dasar pemograman tentunya sangat banyak kalian bisa mengikuti banyak tutorial bahkan langkah2 video di berbagai platform mulai dari yt, ig, hingga tiktok. Sobat gunakan media sosial yang sobat miliki untuk belajar lebih lanjut mengenai dasar pemrograman. Pemrograman bukanlah hal yang sulit loh di pemograman ini kalian bakal diajarin gimana cara menyelesaikan suatu masalah disini sobat akan diajarin bagai mana cara untuk problem solving. Pokonya banyak banget dehh hal-hal menarik di pemrograman ini.

Sobat bisa memulainya dengan memahami apa saja bahasa pemrograman. Sobat bisa memfokuskan diri sobat ingin belajar bahasa pemrograman apa. Mimin saranin sobat harus memiliki 1 fokus bahasa pemroraman yang akan dipahami karena jika sobat ingin mempelajari banyak bahasa sekaligus maka sobat tidak fokus dalam mempelajari 1 bahasa saja. Jika sobat ingin mempelajari tentang apa saja bahasa pemrograman sobat bisa klik link disini ya.

2. Mengikuti Modul dan Tutorial Pemrograman Informatika

Bagi para pemula modul dan tutorial adalah hal yang dapat membantu untuk memahami pemrograman. Cara cepat menguasai bahasa pemrograman adalah dengan mengikuti berbagai tips dan tutorial dari sumber yang terpercaya. Banyak modul bahkan video video tutorial yang bisa sobat temui. Mimin punya beberapa rekomendasi website untuk sobat yang ingin belajar pemograman informatika nih. Berikut rekomendasi website untuk belajar pemrograman informatika,

  • W3SchoolsIni merupakan salah satu rekomendasi website yang sangat mimin rekomendasikan karena di website ini sobat bisa mempelajari bahkan mencoba program di situs ini. Bahasa pemrograman yang dibahas pun sangat lengkap, jadi jika sobat menggunakan website ini sobat tidak perlu pusing untuk berganti-ganti website untuk belajar berbagai bahasa pemrograman.
  • Dicodingdicoding merupakan salah satu website yang menyediakan beberapa materi yang bisa sobat pelajari. Dicoding merupakan Google Authorized Training Partners di Indonesia. Bahkan dicoding juga berkerjasama dengan indosat.
  • My Skill idberbeda dengan w3schools dan dicoding yang hanya menyediakan modul tanpa video tutorial di situsnya. My Skill id ini menyediakan video tutorial yang bisa sobat ikuti setiap langkanya. Situs ini berbentuk bootcamp dimana sobat bisa membayar untuk mengakses lebih banyak videonya.

Masih banyak lagi website website pembelajaran yang bisa sobat pelajari dan cari-cari. Jika sobat ingin belajar berbasis video dan gratis mimin rekomendasiin buat kalian belajar lewat youtube. Banyak sekali pembelajaran bakan tutorial tentang pemrograman informatika di youtube yang bisa sobat ikuti langka-langkahnya. Selain itu, sobat juga bisa memanfaatkan sosial media yang sobat miliki. Sosial media memiliki algoritma dimana algoritma sosial media di kontrol oleh sobat sebagai penggunanya, jadi buat isi konten atau postingan yang fyp masuk kedalam algoritma kalian sesuai dengan bidang programming ini.

3. Perbanyak Praktek Pemrograman Informatika

Tips yang ketiga adalah dengan perbanyak praktek. Tentunya, cara menguasai bahasa pemrograman yang efektif adalah dengan melakukan banyak latihan dan praktek. Belajar pemrograman tidak hanya sekadar mengetahui teori yang tepat. Namun bagaimana mengaplikasikannya dalam dunia nyata. Semakin banyak berlatih tentu kemampuan akan semakin meningkat. Coba sobat terapkan 1 hari melakukan 2-4jam mencoding trik ini akan mempercepat perkembangan belajar sobat menjadi lebih baik lagi. Disini sobat bisa membuat jadwal agar sobat tidak merasa bosan, misalnya sobat menentukan materi apa yang akan sobat pelajari. Saran mimin nih kalian belajar dulu dari basic jangan langsung meloncat jauh, karena jika sobat tidak belajar dengan tersusun maka kemungkinan fokus dan waktu sobat bisa hilang bahkan terbuang dengan sia-sia.

Dengan memperbanyak praktek sobat tentunya bisa lebih memahami tentang programming. Maka dari itu jangan bosan untuk terus mencoba dan mencoba walaupun awalnya sulit tapi jika sobat terus menerus praktek dan selalu memahami mimin yakin sobat pasti akan cepat dalam memahami, bahkan kelebihannya sobat bisa mengasah berifikir kritis dalam diri sobat, tentunya ini ada kaitannya dengan soft skill di pembahasan artikel sebelumnya.

4. Buat Kelompok Belajar Pada Bidang Pemrograman Informatika

pemrograman informatika

Bagi sebagian orang belajar sendiri rasanya kurang efektif karena tidak ada orang yang bisa diajak untuk berdiskusi. Maka buatlah kelompok belajar bersama teman-teman dan ajak satu senior yang mampu mengajarkan materi programming dengan baik. Jangan lupa untuk berdiskusi dan mencari tahu kelemahan apa yang dimiliki sehingga tidak mampu menguasai programming dengan baik.

5. Disiplin dalam Belajar Pemrograman Informatika

pemrograman informatika

Tips mempelajari bahasa pemrograman bagi mahasiswa IT adalah dengan disiplin dalam belajar. Pastikan saat sedang belajar tidak ada gangguan apapun sehingga belajar tetap fokus. Dengan belajar setidaknya satu jam sehari tentang programming, tentu pengetahuan akan semakin meningkat. Buat jadwal belajar dan pastikan mengikuti jadwal yang sudah dibuat tersebut.

Itu tadi adalah tips dari mimin buat kalian yang ingin mudah dalam memahami pemograman informatika. Pemograman sekarang ini sangat banyak dicari di berbagai perusahaan jadi ini kesempatan buat sobat biar terus mencoba dan berlatih mengasah skill programming yang sobat miliki. Kuncinya jangan pernah bosan untuk terus belajar dan mencoba hal hal baru di setiap harinya. Kunci kesuksesan adalah berani mencoba hal baru dan keluar dari zona nyaman kalian. Baca juga artikel kami lainnya di baca selengkapnya.