Hai sobat StudyTech….

Pasti kalian udah nunggu-nunggu nihh sama artikel yang satu ini, apalagi buat kalian mahasiswa baru jurusan teknik informatika artikel ini cocok banget nih buat kalian. Pada artikel kali ini mimin bakalan bahas tentang Pentingnya Soft Skill Bagi Mahasiswa Informatika. Gimana menarik kan pastinya…

Sebelum kita masuk ke inti pembahasannya, mimin mau tanya nih sobat tau ga sih soft skill itu apa?

Soft skill sangat berbeda dengan hard skill. Kemampuan soft skill lebih cenderung kepada keterampilan sosial, komunikasi, kecerdasan sosial, dan lain-lain. Nah, Soft skill sendiri merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya.

Jika sobat ingin mempelajari atau mengembangkan soft skill yang ada pada diri sobat, sobat bisa mempelajarinya dengan memperbanyak membaca buku, berani mencoba hal baru yang ada di hadapan sobat misalnya saja ketika sobat ditunjuk untuk mengikuti suatu lomba, memanfaatkan setiap kegiatan yang sobat lakukan baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus misalnya ketika sobat melakukan presentasi di kelas, berani keluar dari zona nyaman dan tidak berhenti di satu titik saja.

Seiring berkembangnya zaman, di samping sobat memiliki kemampuan hard skill, sobat juga diharapkan harus memiliki soft skill. Hal itu karena dalam suatu organisasi dan lingkungan sosial lainnya, banyak dijumpai kasus kekerasan yang disebabkan ketidakmampuan individu dalam mengendalikan emosi, pikiran, tindakan, juga tuntutan organisasi atau lingkungan sosial yang semakin pelik.

Berikut ini manfaat mempelajari soft skill bagi mahasiswa informatika,

PENTINGNYA SOFT SKILL BAGI MAHASISWA INFORMATIKA

pentingnya soft skill

1. Memiliki kemampuan dalam mengolah informasi yang diperolehnya.

pentingnya soft skill

Manfaat ini bisa tergolong pada soft skill communication skills (keterampilan berkomunikasi). Tentunya seseorang dengan keterampilan komunikasi yang baik pasti memiliki kemampuan dalam mengolah informasi yang diperolehnya. Selain itu, jika sobat mempunyai keterampilan komunikasi yang dapat memberikan feedback informasi dengan tepat dan akurat dan informasi tersebut bisa diterima dan dimengerti dengan mudah oleh orang lain atau partner kerja sobat.

Jika sobat ingin memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik mimin punya tips dan trik biar sobat bisa mengembangkan soft skill berkomunikasi di dalam diri sobat,

  • Praktik Berbicara Secara Teratur, cobalah untuk berbicara lebih sering dalam berbagai situasi. Misalnya, berpartisipasi dalam diskusi kelas, mengajukan pertanyaan dalam pertemuan, atau berbicara dengan teman-teman dan keluarga.
  • Mendengarkan Aktif, pelajari seni mendengarkan dengan cermat. Berikan perhatian penuh pada orang yang sedang berbicara, jangan interupsi, dan tunjukkan minat pada apa yang mereka katakan.
  • Melihat Komunikator yang Baik,  lihat orang-orang yang sobat anggap sebagai komunikator yang baik, baik dalam kehidupan nyata maupun dalam media. Yang perlu sobat perhatikan adalah cara mereka berbicara, berpikir, dan menyampaikan ide.
  • Mengembangkan Kemampuan Menulis, tulis secara teratur, baik itu dalam bentuk esai, jurnal, atau blog. Menulis membantu Anda mengorganisasi pikiran Anda dengan lebih baik.
  • Mengelola Kecemasan, belajarlah mengelola kecemasan dan gugup saat berbicara di depan umum. Praktik berbicara di depan cermin atau hadapan teman untuk meningkatkan rasa percaya diri.
  • Perluas Kosakata, meningkatkan kosakata Anda dengan membaca buku, artikel, atau materi yang beragam. Hal ini akan membantu Anda lebih mudah mengekspresikan ide sobat.
  • Pahami Tujuan Komunikasi, sebelum berbicara, tentukan tujuan sobat. Apakah sobat ingin menginformasikan, meyakinkan, atau menghibur? Hal ini akan membantu sobat menyusun pesan dengan lebih baik.
  • Mengenali Audience Sobat, pertimbangkan siapa yang akan mendengarkan Anda. Beradaptasi dengan gaya komunikasi mereka dan berbicara dengan bahasa yang bisa mereka pahami.

Yang perlu sobat ingat adalah bahwa mengembangkan kemampuan berkomunikasi memerlukan waktu dan usaha yang berkelanjutan. Teruslah berlatih dan terbuka terhadap umpan balik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Anda seiring berjalannya waktu.

2. Mampu memberikan beberapa alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah.

pentingnya soft skill

Mampu memberikan beberapa alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah atau biasanya disebut dengan problem solving and critical thinking. Problem solving adalah proses identifikasi, analisis, dan penyelesaian masalah atau tantangan yang dihadapi dalam berbagai konteks. Ini melibatkan penggunaan keterampilan intelektual dan kreatif untuk mengatasi masalah atau situasi yang memerlukan solusi. Problem solving merupakan keterampilan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, dan dunia kerja. Kalau pendapat mimin si kalian harus banget buat mempunya soft skill problem solving dan critical thinking ini karena hal tersebut sangat dibutuhkan terutama jika sobat sudah tidak menempuh pendidikan atau bisa di sebut sobat sudah terjun ke dunia kerja nyata.

Untuk mengembangkan soft skill problem solving dan critical thinking, sobat dapat mengikuti beberapa tips dan trik yang mimin berikan nih,

  • Praktikkan Problem Solving Secara Rutin, berlatihlah untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah sehari-hari, baik yang sederhana maupun kompleks. Ini bisa termasuk mengatasi masalah dalam tugas sehari-hari, pekerjaan, atau kehidupan pribadi.
  • Analisis Kasus Studi, pelajari kasus studi atau skenario yang melibatkan masalah yang perlu dipecahkan. Pertimbangkan alternatif solusi, analisis akar penyebab, dan pelajari bagaimana orang lain telah menyelesaikan masalah serupa.
  • Berpartisipasi dalam Diskusi, bergabunglah dalam diskusi di kelas atau dalam kelompok studi. Ini akan memaksa sobat untuk berpikir kritis tentang berbagai topik dan mempertahankan argumen sobat.
  • Baca Banyak Materi yang Beragam, membaca buku, artikel, atau materi yang beragam akan membantu sobat mengembangkan wawasan yang lebih luas dan memperkuat kemampuan berpikir kritis.
  • Melihat masalahh dari berbagai sudut pandang, ini akan membantu sobat memperluas pemahaman dan menghindari pandangan yang sempit.
  • Berlatih Berpikir Kreatif, latihan berpikir kreatif dapat membantu sobat menghasilkan ide-ide baru dan solusi yang inovatif. Cobalah berlatih berpikir “out-of-the-box” dalam berbagai konteks.
  • Belajar dari Pengalaman, evaluasi hasil dari solusi yang sobat terapkan pada masalah sebelumnya. Apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil? Pelajari dari pengalaman tersebut untuk meningkatkan kemampuan problem solving Anda di masa depan.

Soft skill problem solving dan critical thinking adalah keterampilan yang dapat terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Dengan latihan yang konsisten dan tekad untuk terus belajar, sobat dapat memperkuat kedua keterampilan ini, yang akan sangat berguna dalam kehidupan akademik, profesional, dan pribadi Anda.

3. Mampu melakukan pendekatan yang sistematis dalam hal pembagian tugas

pentingnya soft skill

Soft skill  mampu memberikan wewenang kepada setiap individu yang terlibat di dalam organisasi sering disebut dengan people manaement. Singkatnya, arti people management adalah sebuah kemampuan untuk mengatur atau pengorganisasian sumber daya manusia dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik lagi. People management memiliki kemampuan agar Anda bisa memotivasi, mengatur, mengarahkan, mengoptimalkan, hingga mengawasi kinerja bawahan Anda. Selain itu, kemampuan people management juga dibutuhkan untuk membuat karyawan bisa lebih nyaman saat bekerja sehingga mereka bisa menjadi lebih loyal kepada perusahaan.

People management masih terbagi menjadi beberapa soft skill. Sobat tau ga nih apa aja soft skill people management ini? Berikut beberapa soft skill dalam people management di lansir dari kita lulus,

  • Komunikasi dan open minded, sobat harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada seluruh karyawan atau rekan sobat. Soft skill ini adalah hal dasar yang harus dimiliki. Bentuk komunikasi yang dibutuhkan adalah komunikasi dua arah yang akan membuat kerja tim semakin solid dan kompak.
  • Manajemen konfilk dan kesabaran, konflik merupakan salah satu hal yang biasa terjadi di dalam dunia kerja. Maka dari itu, soft skill yang dibutuhkan dalam people management adalah manajemen konflik dan kesabaran. Sobat harus bisa memposisikan diri sebagai penengah di tengah konflik yang terjadi.
  • Pendengar yang baik dan memiliki empati, berusaha menjadi pendengar yang baik untuk orang di sekitar sobat. Selain itu, hal lain yang dibutuhkan untuk menerapkan people management adalah rasa empati. Misalnya dengan menunjukan rasa empati kepada karyawan yang bercerita atau menanyakan saran kepada Anda. Dengan menunjukan rasa empati kepada karyawan, artinya Anda sedang berusaha untuk membangun hubungan yang lebih kuat lagi di dalam tim yang Anda pimpin.
  • Kolaborasi dan kemampuan berorganisasi, sobat akan dituntut untuk bisa melakukan kerja sama dengan tim lainnya demi mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, kemampuan yang dibutuhkan dalam people management adalah kemampuan berorganisasi.
  • Delegasi dan rasa percaya, delegasi artinya pemberian tugas kepada karyawan berdasarkan porsi kerjanya masing-masing. Setelah memberikan tugas dengan rata dan adil, hal yang harus dilakukan untuk bisa menerapkan people management adalah rasa percaya kepada karyawan Anda.
  • Fleksibel dan pengakuan, sikap fleksibel juga dibutuhkan untuk menyikapi segala perubahan pola kerja yang terjadi di perusahaan. Percayalah bahwa setiap karyawan ingin merasa dihargai dan diakui atas segala kerja keras dan pencapaiannya untuk perusahaan. Hal ini bisa mendorong karyawan untuk memberikan yang lebih baik lagi dalam pekerjaannya. Tentu dalam setiap perusahaan, loyalitas karyawan adalah salah satu aset yang paling berharga.
  • Jiwa kemimpinan dan adapatasi, kemampuan kepemimpinan bukanlah soft skill yang mudah untuk didapatkan, dengan pengalaman sobat bisa mengasah kemampuan ini. Selain itu, hal yang bisa menyeimbangi penerapan people management adalah adaptasi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bawa, untuk bisa menerapkan people management kita pasti memerlukan strategi atau cara agar bisa mengembangkan soft skill pada dalam diri sobat. Berikut mimin akan memberikan beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengembangkan people management,

  • Lakukan satu per satu, lakukan satu per satu dan fokus terhadap satu pekerjaan di satu waktu. Pelatihan people management yang bisa Anda lakukan adalah fokuskan pikiran dan energi Anda pada satu pekerjaan.
  • Training, tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan dari perusahaan atau lembaga lainnya yang mengadakan kelas-kelas profesional.
  • Mentor dan feedback dari sesama manajer, Cara meningkatkan keterampilan people management berikutnya adalah memiliki mentor dan meminta feedback dari sesama manajer. Anda bisa meminta saran dari manajer yang sudah berpengalaman dan bertukar cerita dengan mereka.

4. Membangun hubungan positif dengan atasan atau rekan kerja tim

pentingnya soft skill

Soft skill membangun hubungan positif dengan atasan atau rekan kerja tim sering juga di sebut etika kerja. Etika kerja sangat penting untuk dimiliki oleh karyawan supaya mendapatkan nilai bagus dari manajer atau atasan. Jika seorang karyawan tidak memiliki etika kerja kemungkinan besar manajer atau atasan tidak akan melirik mereka walaupun karyawan tersebut memiliki hard skill yang terbilang baik. Bagi sebuah perusaaan etika kerja sangat bernilai penting karena dengan sobat memiliki soft skill etika kerja ini, sobat juga bisa membawa nama baik perusahaan.

Pastinya sobat mau dong untuk mengembangkan soft skill etika belajar. Mengembangkan soft skill etika kerja memerlukan kesadaran, komitmen, dan latihan yang berkelanjutan. Tentunya mimin punya tips dan trik untuk mengembangkan etika kerja, sobat dapat mengikuti beberapa tips dan trik yang mimin berikan nih,

  • Kenali Nilai-Nilai Anda, mulailah dengan memahami nilai-nilai pribadi Anda. Pertimbangkan apa yang Anda anggap benar dan penting dalam konteks pekerjaan dan bisnis.
  • Pahami Kode Etik di Tempat Kerja, pelajari kode etik atau kebijakan perusahaan di tempat kerja Anda. Ini dapat memberikan panduan mengenai norma-norma dan harapan yang berlaku dalam organisasi Anda.
  • Integritas Pribadi, pertahankan integritas pribadi Anda. Selalu berpegang pada prinsip-prinsip moral yang Anda yakini, bahkan dalam situasi yang sulit.
  • Kepatuhan Hukum, pastikan Anda memahami dan mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku dalam bisnis dan pekerjaan Anda.
  • Keterbukaan dan Kejujuran, prioritaskan keterbukaan dan kejujuran dalam komunikasi dan tindakan Anda. Selalu berbicara jujur dan hindari penipuan atau manipulasi.
  • Tanggung Jawab Pribadi, bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan Anda. Jangan mencari kambing hitam atau alasan ketika terjadi kesalahan.
  • Pertimbangkan Konsekuensi, sebelum mengambil tindakan atau membuat keputusan, pertimbangkan dampaknya pada orang lain, organisasi, dan masyarakat.
  • Kerja Keras dan Dedikasi, tunjukkan dedikasi Anda terhadap pekerjaan Anda dengan bekerja keras dan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan Anda.
  • Kualitas dalam Pekerjaan, fokus pada kualitas dalam pekerjaan Anda. Jangan hanya mengejar kuantitas tetapi juga kualitas.
  • Kepedulian terhadap Orang Lain, tunjukkan empati terhadap rekan kerja, karyawan, dan pelanggan Anda. Dengarkan dengan baik, hargai perspektif mereka, dan bantu ketika diperlukan.
  • Pertimbangkan Dampak Sosial dan Lingkungan, pertimbangkan dampak pekerjaan dan bisnis Anda terhadap masyarakat dan lingkungan. Pertimbangkan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga keberlanjutan.
  • Pertimbangkan Privasi, lindungi privasi dan data pribadi orang lain. Jangan mengungkapkan informasi yang seharusnya bersifat rahasia atau pribadi.
  • Berpartisipasi dalam Pelatihan dan Pengembangan, manfaatkan pelatihan dan sumber daya yang disediakan oleh organisasi Anda untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang etika kerja dan pengembangan soft skill lainnya.
  • Mentor dan Didik Orang Lain, bagikan pengetahuan Anda tentang etika kerja dengan rekan kerja yang lebih muda atau tim Anda. Ini dapat membantu memperkuat komitmen Anda terhadap etika kerja dan membantu orang lain memahami pentingnya hal tersebut.
  • Pertimbangkan Umpan Balik, selalu terbuka terhadap umpan balik dari rekan kerja, atasan, atau pelanggan. Ini dapat membantu sobat mengidentifikasi area di mana Anda dapat memperbaiki etika kerja sobat.

Mengembangkan etika kerja adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan komitmen untuk berperilaku dengan integritas dan moral. Dengan menjalankan langkah-langkah ini, Anda dapat memperkuat soft skill etika kerja Anda dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan beretika.

5. Menuju perubahan diri yang baik dan menemukan motivasi

soft skill

Menuju perubahan diri yang baik dan menentukan motivasi biasanya ini disebut dengan self development. Nah, self development disebut juga sebagai pengembangan diri. Self development adalah suatu strategi atau cara yang dilakukan dan diusahakan oleh individu untuk mengembangkan kesadaran diri (self awareness), potensi, bakat, keterampilan, dan kemampuan. Self development sangatlah diperlukan. Hal itu karena, di setiap sudut kehidupan kita diharuskan untuk maju dan berkembang, bahkan dari hal kecil sekalipun. Sobat masih bingung sebenarnya sobat udah melakukan perkembangan diri belum sihh? Nah, mimin akan membahas ciri jika sobat sudah berhasil melakukan perkembangan dalam diri sobat,

  • Mampu menumbuhkan rasa percaya diri, untuk menumbuhkan rasa percaya diri sobat bisa dilakukan dengan mengikuti seminar maupun workshop.
  • Mampu mengenal, memahami dan menerima diri apa adanya, contohnya adalah mampu memiliki interaksi dengan sesama, mendapatkan relasi yang lebih luas dan bisa berkomunikasi dengan baik.
  • Mampu menumbuhkan kesadaran diri, jika sobat rutin mengembangkan potensi diri makan sobat akan lebih mudah memahami diri sendiri.
  • Pola hidup yang sudah mulai tertata, jika sobat berhasil melakukan self development akan merasakan pola hidup yang lebih baik dan berkualitas.
  • Mampu memperbanyak relasi, orang yang mengembangkan diri dengan baik akan berada di lingkungan yang mendukung pertumbuhan ke arah yang lebih baik.

Meski ada cara yang dilakukan, namun kalian juga perlu tahu jika melakukan soft skill self development perlu proses. Semua perlu tahapan dan waktu yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Lantas apa saja sebenarnya cara yang bisa dilakukan untuk pengembangan diri? Berikut mimin bakalan bagi tips cara untuk mengembankan diri atau self development,

  • Kenali diri sendiri, hal pertama yang bisa dilakukan untuk self development adalah mengenali diri sendiri. Apa saja sih sebenarnya kekuatan dan kelemahan dalam diri sendiri. Jika ada pertanyaan seperti itu, maka yang bisa menjawab adalah diri kita sendiri. Sebab tidak ada orang lain yang bisa mengenal diri sendiri selain diri kita pribadi.
  • Kenali tujuan hidup secara pasti, ketahui apa yang ingin benar-benar sobat rraih dalam hidup ini. Sebab tujuan hidup yang sudah pasti akan membimbing sobat mengambil langkah-langkah ke yang lebih baik lagi.
  • Selalu ingin belajar hal-hal baru, meski saat ini sobat suda tidak menempuh pendidikan lagi, sobat tetap harus belajar hal-hal baru dalam kehidupan ini. Jika sobat berhenti belajar ketika keluar dari bangku sekolah secara tidak langsung akan menurunkan kualitas dari diri sendiri. Waktu terus berjalan dan tentunya banyak perkembangan yang terus berlangsung. Bahkan setiap harinya banyak hal-hal baru. jika kita memutuskan untuk belajar secara terus-menerus. Tentunya selain wawasan kita menjadi lebih luas. Proses pengembangan diri untuk kualitas yang lebih baik telah berjalan sebagaimana mestinya.jika kita memutuskan untuk belajar secara terus-menerus. Tentunya selain wawasan kita menjadi lebih luas. Proses pengembangan diri untuk kualitas yang lebih baik telah berjalan sebagaimana mestinya.
  • Suka membaca buku, membaca buku adalah bagian dari belajar itu sendiri. Ketidaktahuan kita akan terjawab ketika kita membaca buku terkait dengan apa yang ingin kita ketahui. Banyak juga lho rekomendasi kisah inspiratif yang bisa kita baca secara lebih mudah. Bahkan dari beberapa pengalaman yang mereka miliki sebelum menjadi sukses juga bisa kita pelajari bahkan kita terapkan.
  • Coba pekerjaan sampingan, nantinya lewat pekerjaan diluar pekerjaan utama akan bisa mengembangkan kemampuan dan potensi dalam diri kita. Akan lebih baik lagi jika pekerjaan yang kalian pilih adalah sesuai dengan hobi atau yang benar-benar selaras dengan apa yang kalian sukai.
  • Menjaga kesehatan tubuh dan mental, lima poin sebelumnya tidak dapat terealisasi dengan baik ketika kesehatan mental dan fisik kalian kurang baik. Maka dari itu diperlukan sebuah dukungan dari kondisi tubuh maupun mental dalam diri kita.

Tentunya soft skiill self development ini memilliki banyak manfaat untuk kehidupan sobat selanjutnya. Dimana nantinya manfaat ini juga akan memberikan dampak positif terhadap diri kita.

Demikin artikel pembahasan kali ini. Gimana sobat pasti tertarik kan untuk terus mengembangkan soft skill di dalam diri sobat. Intinya jangan pernah lelah untuk terus mengembangkan diri. Kuncinya adalah jangan pernah lelah untuk belajar hal-hal baru di sekitar kalian. Ingin baca artikel kita lainnya baca selengkapnya.