Kampus Merdeka

Hallo sobat Study Tech ! sebelumnya kalian tau ngga sih apa itu program magang kampus merdeka? jadi program magang kampus merdeka ini adalah salah satu program dari pemerintah yang tujuannya adalah untuk memberi kesempatan bagi sobat mahasiswa untuk mengembangkan diri langsung di perusahaan. pada saat magang kampus merdeka, sobat bisa juga nih membangun koneksi profesionel untuk bekal karir kedepannya supaya lebih mudah.

Sobat mahasiswa, pernahkah kalian bertanya tanya  mengenai bagaimana sih cara Sukses dalam Program Magang Kampus Merdeka? Dalam artikel kali ini, mimin  akan membahas mengenai 6 Strategi Sukses dalam Program Magang Kampus Merdeka. Jadi, untuk mencapai keberhasilan, ada beberapa langkah penting dari mimin nih yang harus sobat perhatikan.

1. Pemilihan yang tepat untuk Magang Kampus Merdeka

Kampus Merdeka

Memilih perusahaan tempat sobat akan magang adalah langkah awal menuju kesuksesan magang kampus merdeka. Nah tentunya membuat keputusan yang tepat akan berdampak besar pada magang sobat mahasiswa. Jadi, Saat  memilih lokasi magang, ada beberapa hal yang perlu sobat  dipertimbangkan 

  • yang pertama adalah, saat sobat menentukan perusahaan sobat harus bisa memastikan bahwa perusahaan yang sobat pilih itu sudah relevan dengan konsentrasi sobat pada saat di perkuliahan, supaya pada saat magang sobat tidak merasakan culture shock dengan jobdesk yang akan sobat kerjakan.
  • kemudian yang kedua, saat memilih perusahaan sobat perlu mempelajari company profile perusahaan dan  kebiasaan orang orang yang bekerja di perusahaan. apakah sobat bertanya tanya mengenai, memangnya harus ya min, kan saat magang kita hanya perlu menyiapkan skill yang cukup saja? maka jawabannya adalah tidak harus sobat, tetapi jika sobat melakukan hal tersebut itu akan bisa membantu sobat untuk beradaptasi dengan lingkungan perusahaan, sobat cocok atau tidak dengan lingkungan kerja yang sudah ada. jangan sampai saat sudah masuk, sobat menyesali karena sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan yang mungkin sangat jauh berbeda dengan karakter sobat
  • kemudian saran terakhir dari mimin adalah saat sobat mencari perusahaan dan telah mempelajari perusahaan jangan lupa untuk menanyakan mengenai adakah pembimbing yang akan mengarahkan sibat pada saat magang atau tidak, karena itu juga akan mempengaruhi keberhasilan sobat magang di perusahaan tersebut. biasanya dengan bantuan pembimbing, pekerjaan sobat tentunya akan lebih terarah dan efektif

Mungkin untuk informasi dan tips lebih lengkap mengenai bagaimana magang kampus merdeka bisa sobat cek disini

Baca juga : Tips Lengkap Memilih Tempat Magang yang Tepat

2. Perencanaan Yang Matang sebelum magang

Kampus Merdeka

Sebelum memulai magang, penting untuk kamu membuat rencana yang matang. hal ini termasuk menentukan tujuan dan harapanmu selama magang. beberpa pertanyaan yang perlu kamu jawab adalah bagaimana kamu akan mengukur kesuksesanmu selama magang? apa yang ingin kamu capai atau pelajari selama magang? serta apakah ada keterampilan atau pengetahuan tertentu yang ingin kamu kembangkan? . karena dengan merencanakan dengan bijak kamu akan memiliki panduan yang jelas selama magang dan dapat bekerja menuju tujuanmu dengan lebih efisien.

3. Komunikasi yang efektif

Kampus Merdeka

sobat mahasiswa, tahukah kamu? komunikasi yang efektif juga merupakan  kunci kesuksesan pada saat magang kampus merdeka. karena berkomunikasi baik dengan rekan kerja, pembimbing, dan atasanmu adalah hal yang sangat penting. Ini termasuk dalam beberapa hal yaitu :

  • pada saat magang tentunya sobat tidak hanya berfokus pada project saja melainkan sobat juga harus belajar untuk  memiliki kemampuan berbicara dan menulis yang baik. karena untuk berkomunikasi mengenai project dan etika ketika menulis pesan kepada atasan atau mentor saat bertanya itu akan sangat diperlukan untuk arah komunikasi yang jelas.
  • saat magang sobat juga harus upgrade diri dengan saran yang diberikan oleh pembimbing.  hal yang tidak boleh sobat lakukan adalah selalu mengeluh dengan tugas yang diberikan, itu akan menyulitkan sobat untuk melakukan komunikasi dengan pembimbing.
  • yang kedua adalah saat  sobat diberikan jobdesk  atau  tanggung jawab dengan suatu project. sobat harus jujur apakah sobat mampu menyelesaikan prject tersebut sesuai waktu yang ditentukan atau dengan perpanjangan waktu supaya project lebih  maksimal. yang paling penting adalah jika sobat mahasiswa mengalami kesulitan dalam pengerjaan project, jangan stuck dan tidak melakukan apapun, sobat harus menjadi lebih berani untuk bertanya. karena hal tersebut lebih baik daripada sobat melakukan kesalahan jika tidak bertanya.

baca juga : Manfaat dan Cara Membangun Komunikasi Efektif 

4. Beradaptasi dan Belajar di Lingkungan Baru dengan Cepat

Sobat, mungkin terlintas pertanyaan susah ga sih beradaptasi dengan lingkungan baru yang didalamnya ada orang dengan rentang usia dan asal yang berbeda beda ? munkin hal tersebut akan menjadi salah satu ketakutan sobat pada saat ingin melakukan magang.

Namun, yang perlu sobat ketahui adalah pada saat sobat melakukan magang kampus merdeka itu artinya sobat sudah berada di satu langkah lebih dekat dengan karir yang akan sobat impikan. Karena, dengan adanya program magang kampus merdeka ini sobat bisa mengembangkan hardskill dan softskill yang sudah sobat dapatkan pada saat perkuliahan.

pada saat magang , tentunya sobat akan dihadapkan dengan permasalahan real di lapangan. jadi bisa sobat jadikan untuk proses berfikir kritis saat mempunyai permasalahan dan sobat bisa belajar beradaptasi dengan baik. kira kira bagaimana sih cara cepat beradaptasi dengan orang baru? berikut ini adalah tindakan yang bisa sobat lakukan 

  • tips pertama agar lebih mudah untuk beradaptasi sobat perlu memulai dan membangun komunikasi baik dengan orang orang di perusahaan, yang pertama adalah yang paling dekat dengan sobat. contohnya adalah teman satu divisi dan pembimbing.jadilah pendengar yang baik untuk orang lain.  sobat juga harus memperhatikan etika ketika berbicara supaya orang yang baru sobat kenal bisa betah untuk komunikasi atau sekedar mengobrol dengan sobat.
  • kemudian saat sobat ditawari project, sobat jangan langsung menolak. pelajari peoject tersebut, dan jika dirasa sobat mampu terima tawaran tersebut karena itu adalah salah satu peluang sobat untuk meningkatkan pengalaman dan hal tersebut tentunya juga bisa digunakan untuk portofolio sobat di karir kedepannya

 

5. Pentingnya Buat jaringan saat Magang

Kampus Merdeka

Nah sobat mahasiswa, ada hal yang perlu sobat tahu selain 4 hal diatas yaitu pentingnya membuat jaringan.  karena hal ini bisa sobat gunakan untuk kelanjutan karir.  misalnya setelah lulus sobat mungkin bisa kembali lagi ke perusahaan untuk bekerja apabila sobat mempunyai hubungan baik dengan orang yang ada di perusahaan.

Kuncinya adalah, selama magang sobat harus bersungguh sungguh, jujur, dan tepat waktu pada saat diberikan project. hal tersebut tentunya akan menguntungkan sobat karena akan memupuk rasa kepercayaan terutama pembimbing yang berhubungan langsung dengan sobat atau bisa juga berhubungan di sosial media dengan instagram mapun linkedin

baca juga : 8 Cara Efektif Membangun Relasi kerja

6. Time Management yang Baik serta Meminta feedback dan review

pada saat magang kampus merdeka, tentunya kamu harus memiliki kemampuan untuk time management yang baik, karena jika tidak maka kamu akan cepat stress, pusing bahkan burn out. pada saat magang kamu akan terbiasa dengan berbagai jadwal dan deadline yang mungkin saling berdekatan. pada saat magang kamu juga harus mampu memiliki rasa tanggung jawab terhadap sebuah project yang sedang kamu kerjakan.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa memulai time management dengan membuat catatan dan menentukan prioritas tugas dan kamu harus sanggup untuk menyelesaikannya secara tepat waktu. tak hanya time management, setelah  sobat selesai dengan program magang kamu berhak meminta review dan feedback supaya kamu lebih mengetahui potensi diri sendiri dan keterampilan kamu bisa digunakan untuk update cv kamu untuk bekal karir kedepannya.

Baca juga : Cara Mengambil tawaran Magang atau Studi Independen

Dengan mengikuti langkah langkah ini, pastinya sobat akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan dalam magang kampus merdeka. magang bukan hanya tentang pekerjaan tetapi juga tentang pengembangan diri dan membangun fondasi yang kuat untuk karir di masa depan. semangat, jadilah luar biasa sobat study tech!

Untuk lebih detail apa aja program magang kampus merdeka bisa sobat baca selengkapnya disini atau kontak kami lebih lanjut di https://studytechnologysolutions.info/