Hai sobatt StudyTech…

Di era digital ini banyak prospek kerja baru sesuai dengan eranya, terutama pada bidang digital. Memilih pekerjaan merupakan salah satu yang harus dipikirkan dengan benar karena perlu memiliki strategi. Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jawaban atas kebutuhan di bidang teknologi yang semakin meningkat di era digital saat ini. Perkembanggan teknologi yang pesat tentunya mempenggaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia baik di bidang bisnis, pendidikan, kesehatan, maupun pemerintahan. Oleh karena itu, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi. Bahkan beberapa bahkan hampir semua profesi pekerjaan pada bidang teknologi memiliki gaji yang cukup besar.

Berikut adalah beberapa prospek kerja jika sobat memilih jurusan teknik informatika,

1. Prospek Kerja Programmer

prospek kerja

Programmer bertangung jawab untuk membuat program dan mengembangkan coding sistem suatu aplikasi maupun suatu website. Programmer sekarang ini menjadi salah satu prospek kerja yang banyak di minati dan dibutuhkan. Prospek kerja programmer sekarang ini sangat banyak di cari oleh perusahaan, media, bahkan sturtup karena melalui seorang programmer perusahaan mampu mempromosikan bahkan mengenalkan suatu usahannya di media. Salah satu contohnya, seperti aplikasi go-food yang memberikan layanan kepada kita untuk memesan makanan melalui telephone.

Oleh karena itu pekerjaan ini memiliki gaji yang tergolong sangat tinggi kisaran Rp. 5,8 juta per bulan hingga yang tertinggi kisaran Rp. 10,3 juta per bulan.  Bahkan data dari CNN Indonesia, gaji junior programmer di Indonesia dapat mencapai hingga Rp. 5 juta dalam sebulan. Gimana sobat tertarik ga nih buat jadi seorang programmer?.

2. Data Analyst

prospek kerja

Sebelumnya sobat tau ga nih apa sih data analyst itu? Data analyst adalah orang yang meneliti dan menganalisis informasi menggunakan alat analisis data. Seorang data analyst juga bertangung jawab dalam menganalisis data numerik, mengolah dan menerjemahkan data yang ada ke suatu laporan. Selain itu data yang sudah diolah juga akan digunakan untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang baik, terkait hal-hal tertentu misalnya strategi penjualan, pemasaran, dan lain sebagianya.

Sebelum sobat melamar pekerjaan data analyst sobat harus tau dulu nih apa saja tugas seorang data analyst,

  • Memelihara sistem database perusahaan
  • Mengatur data yang diperoleh untuk dikelola sesuai jenis datanya
  • Menganalisis data
  • Memahami dengan baik sistem database produk-produk perusahaan

Jika sobat mau tau lebih lanjut tentang data analyst, sobat bisa membaca artikel berikut Baca Selengkapnya

3. Game Developer

prospek kerja

Tugas game developer adalah sesorang yang bertugas untuk mengembangkan software yang memiliki keahlian dalam bidang pembuatan game, yang mana tugas utamanya ialah membuat software game yang nantinya bisa diakses melalui berbagai perangkat mulai dari handphone, tablet, bahkan komputer. Tugas dari seorang game developer bukanlah biasa-biasa saja, mereka adalah orang yang mempunyai skill yang baik, hanyak sebagian kecil saya orang yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan atau merancang sebuah game. Bagi sobat yang ingin atau tertarik pada prospek kerja ini terntunya sobat harus memiliki beberapa skill, diantaranya ialah,

  1. Memiliki kreatifitas yang tinggi
  2. Memiliki kemampuan IT yang baik
  3. Memiliki kemampuan problem solving
  4. Memiliki rasa cinta kepada game

Game developer juga memiliki beberapa posisi yang bisa sobat pilih sesuai dengan skill yang sobat miliki. Adapun beberapa posisi yang bisa dipilih antara lain, game artist, game designer, animator, sound engineer, game tester, game programmer.

4. Cyber Security

prospek kerja

Cyber securty merupakan sebuah profesi untuk melindungi sistem teknologi dan perangkat seperti komputer, handphone, server, sistem elektronik dan data suatu perusahaan. Profesi ini sangat berperan penting dalam suatu perusahaan agar terhindah dari kejahatan siber. Cyber security menjadi salah upaya yang dapat dilakukan agar sistem teknologi selalu aman dari resiko cyber crime. Profesi Cyber security merupakan profesi yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini khususnya bagi suatu perusahaan. Profesi ini memiliki prospek kerja yang sangat besar meliputi cyber security consultant, chief information security officer, securty analyst, auditor security, dan masih banyak lainnya.

tugas seorang cyber security antara lain,

  1. Mengawasi, menganalisis, dan mengecek segala hal mulai dari komputer, perangkat, penyimpanan data, jaringan sampai database.
  2. Melakukan pengembangan dan memelihara sistem keamanan suatu perusahaan.
  3. Mengawasi keseluruhan jaringan komputer perusahaan dan melakukan pengecekan sistem keamanan siber.
  4. Menjadi pahalawan dan garda terdepan resiko cyber crime.
  5. Melakukan edukasi dan pencegahan agar tidak terjadi insiden cyber crime.

Prospek kerja pada cyber security sangat banyak dibutuhkan oleh suatu perusahaan karena profesi ini sangat berperan penting untuk menjaga keamanan suatu perusahaan.

5.  UX Designer

prospek kerja

UI/UX merupakan sebuah profesi yang saat ini sudah banyak dikenali dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan karena perkembangan teknologi saat ini yang semakin meningkat. Maka dari itu prospek kerja pada bagian ini sangat menjamin dan banyak di cari oleh perusahaan.

UI sendiri merupakan singkatan dari user interface, sedangkan UX merupakan singkatan dari user experience. UI dan UX memiliki kesamaan fungsi dalam mengembangan suatu desain produk tertentu. UI dan UX tentunya juga memiliki perbedaan, desain UI meliputi desain visual, desain grafis, warna, tata letak, tipografi yang berfokus pada tampilan dan kenyamanan user saat menggunakan suatu aplikasi atau website. Sedangkan UX meliputi desain interaksi, kerangka desain, riset pengguna, dan alur penggunaan suatu aplikasi atau web yan berfokus pada penalaman user.

6. WEB Developer

prodpek kerja

Dikutip dari Gamedev Academy, prospek kerja web developer ini semakin meningkat tiap tahunnya. Sobat pasti penasaran nih, berapa rata-rata gaji web developer di Indonesia?

Rata-rata gaji web developer di Indonesia cukup beragam menyesuaikan posisi, tugas, dan juga ukuran suatu perusahaan. Beberapa website merangkum perkiraan dan rata-rata gaji web developer di Indonesia.

  • Glassdoorrata-rata gaji web developer berkisaran 7 juta rupiah per bulannya.
  • Payscale,  rata-rata gaji web developer berkisaran 5 juta rupiah per bulan.
  • Salary Explorer,  pada website ini menjelaskan gaji terendah berkisar 5 juta rupiah perbulan dan gaji tertinggi berkisar 17,8 juta rupiah per bulan.
  • Indeedrata-rata gaji web developer berkisar 4,5 juta rupiah perbulan.

Mimin ada beberapa rekomendasi website yang bisa sobat gunakan untuk mencari pekerjaan paruh waktu maupun freelance nihh,

Itu beberapa website yang bisa sobat kunjungi untuk mencari pekerjaan paruh waktu maupun full time mulai dari work from office hingga work from home. Tidak perlu bingung dengan syarat dan ketentuan apa yang perlu sobat siapkan yang penting sobat merasa memiliki skill dan kemampuan pada pekerjaan yang akan sobat daftar.

Itu tadi 6 Prospek Kerja jika sobat lulusan jurusan teknik informatika. Cukup menarik bukan pembahasan kali ini. Sobat tertarik di pekerjaan yang mana nih?

Jika sobat ingin membaca lebih banyak artikel kami sobat bisa klik link di sini ya Baca Selengkapnya