3 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menjadi Mahasiswa Informatika

mahasiswa informatika

Menjadi mahasiswa informatika bukanlah hal yang sulit. Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan komputer, mengatur dan menganalisis data maupun informasi pada mesin komputer (proses penggunaan teknologi komputer untuk menyelesaikan sejumlah tugas). Maka dari itu, informatika ini juga masih terpecah ke dalam beberapa jurusan lho, kira-kira hal apa saja sih yang harus kamu tahu sebelum menjadi mahasiswa informatika?

1. Jurusan Mahasiswa Informatika

a. Teknik Informatika

Jurusan ini merupakan kombinasi antara bidang ilmu software engineering dan ilmu komputer. Pada jurusan ini lebih kepada penerapan aplikasi dan teknologi komputer. Jurusan teknik Informatika mempelajari penggunaan teknologi komputer secara optimal dalam menangaani masalah pengolahan data dengan proses logika. Selain belajar tentang pemrograman komputer, mahasiswa dijurusan ini juga mempelajari bagaimana proses sebuah software sampai keterampilan merancang perangkat lunak untuk tugas akhir atau skripsi. Outcame dari jurusan ini adalah mahasiswa dituntut untuk mahir membuat aplikasi. Baca Selengkapnya

b. Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan program studi yang mempelajari solusi-solusi pada teknologi komputer. Jurusan ini lebih menekankan aspek teknologi dan fokus kepada perancangan, pembuatan, dan pengembangan software (perangkat lunak) dan programing, serta teknologi jaringan komputer. Perkembangan teknologi mempengaruhi segala bidang dan aspek kehidupan. Terlebih sektor dan bidang lain juga membutuhkan teknologi informasi. Bidang tersebut antara lain ekonomi, kesehatan, hukum, perbankan, dan lain sebagainya. Baca Selengkapnya

c. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi ini mempelajari programing namun lebih dominan pada proses bisnis perusahaan. Selain mempelajari ilmu komputer, jurusan ini juga mempelajari tentang ilmu ekonomi, pengembangan sistem sampai manajemen keuangan. Mahasiswa pada jurusan ini tentunya akan belajar mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis suatu perusahaan berdasarkan data yang kemudian merancang sistem yang sesuai dengan perusahaan. Outcamenya adalah agar seluruh proses bisnis perusahaan bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

d. Teknik Komputer

Pada jurusan ini lebih membahas seputar hardware (perangkat keras) dan merupakan ilmu gabungan dari kelistrikan dan ilmu komputer. Jurusan ini mempelajari lebih banyak mengenai listrik arus lemah yang digabung dengan ilmu pemrograman. Mahasiswa teknik komputer akan belajar mengenai chip dan processor. Biasanya ilmu yang dipelajari pada jurusan ini bisa ditemukan pada jurusan elektronika.

e. Ilmu Komputer

Jurusan ini mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Jurusan ini mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sederhananya, jurusan ini lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras (hardware).

Selain itu tentu ada banyak manfaat jika sobat mempelajari informatika. Manfaat sobat mempelajari informatika adalah mempermudahkan komunikasi secara online, memudahkan akses informasi, sehingga bisa didapatkan kapanpun dan dimanapun, memudahkan seseorang untuk bertukar informasi dengan orang lain di seluruh dunia, dan menjadi media untuk mempelajari ilmu pengetahuan lain.

Alasan kenapa sobat perlu mengambil jurusan informatika, karena informatika memiliki potensi karir yang luas apalagi di era digital. Sekarang lulusan informatika sangat dibutuhkah diberbagai sektor. Selain itu teknik informatika sering kali memiliki gaji yang tinggi dan kempetitif. Ini dapat menjadi faktor penting dalam memilih jurusan karena berpotensi memberika fasilitas finansial. Dan terpenting adalah jurusan informatika selalu mengikuti tren digital dimana teknologi zaman ke zaman tidak pernah berhenti berkembang. Hal itu membuat prospek kerja yang disediakan juga semakin luas menyesuaikan perkembangan teknologi.

Jika sobat tertarik pada jurusan informatika mimin bakalan spill nih yang bakal kalian pelajari selama menjadi mahasiswa informatika, perancangan web, struktur data, basis data, algoritma dan pemrograman, bahasa pemrograman, dan masih banyak lagi.

2. Hal Yang Perlu Disiapkan Mahasiswa Informatika

Untuk menunjang pembelajaran mahasiswa informatika, sobat akan mempelajari dan perlu mempersiapakan beberapa hal,

a. Mempunyai Laptop / PC

Leptop Intel core i5

Tentunya laptop/PC merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa informatika. Spesifikasi yang direkomendasikan, mulai dari spesifikasi processornya mimin rekomendasikan processor minimal Intel Core i3, sebaiknya gunakan Intel Core i5 dengan minimal RAM 4GB. Jika sobat mempunyai dana yang lebih sobat bisa membeli yang lebih baik lagi agar sobat merasa nyaman saat membuka banyak porgram secara bersamaan.

b. Mempersiapkan Beberapa Aplikasi

VsCode dan Sublim Text

Sobat bisa mempersiapakn aplikasi terlebih dahulu agar sobat bisa lebih dahulu mempelajari tentang aplikasi yang akan digunakan kedepannya. Beberapa aplikasi yang akan digunakan mahasiswa informatika yaitu VsCode/Sublime Text, Docker.

3. Magang Mahasiswa Informatika

Selain itu, sobat ada semester 5 sobat akan dihadapkan dengan magang. Sebelumnya sobat tau ga sih gimana magang itu?

Magang, atau dikenal dengan sebutan internship adalah penempatan kerja dengan perusahaan atau organisasi yang memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru, yang dapat berguna untuk karir masa depan. Selain itu, magang merupakan aktifitas pembelajaraan yang memberikan wawasan kepada mahasiswa memiliki kompetensi yang memadahi dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahlian.

Magang bagi mahasiswa diarahkan agar mahasiswa informatika memiliki nilai dan wawasan keilmuan pendidikan dan pembelajaraan sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik diera global. Tujuan dari magang itu sendiri adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan apa yang mereka pelajari diruang kelas keduia pekerjaan yang nyata, supaya mereka lebih siap kerja setelah lulus nanti.

Salah satu program magang yang disediakan pemerintah Kemendikbud yaitu,

Magang MBKM

magang MBKM

MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan salah satu program magang yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Dimana program ini menggunakan sistem pengantian mata kuliah yang setara dengan 20 SKS yang di fokuskan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman baru di dunia kerja dengan harapan mahasiswa dapat segera terjun kedunia kerja setelah lulus dengan pengalaman yang mereka dapatkan ketika magang.

Pada program magang MBKM ini mahasiswa di haruskan untuk mengikuti magang ini selama 6 bulan atau setara dengan 20 SKS. Kemudian, 20 SKS tersebut akan di konversikan kedalam mata kuliah yang sesuai dengan bidang mahasiswa di universitas.

Menurut data pada website kampus merdeka kemendikbudterdapat kurang lebih 725.000 mahasiswa yang sudah terdaftar dan memiliki akun kampus merdeka, 14.000 sekolah diseluruh Indonesia telah mendapatkan manfaat dari pengajaran, 3.000 organisasi dan perusahan telah mendaftarkan sebagai mitra, dan 1.300 perguruan tinggi telah bergabung di program kampus merdeka. Dilihat dari data tersebut bahwa banyak pengalaman bahkan pembelajaran yang akan sobat dapatkan jika mengikuti program kampus magang MBKM ini.

Tidak hanya memberikan pengalaman tentang dunia kerja, namun program ini juga memberikan kesempatan untuk sobat mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan cara terjun langsung kedunia kerja sebagai langkah persiapan karir setelah sobat lulus.

Jika sobat tertarik pada program magang ini sobat bisa langsung klik link berikut, untuk info setelahnya baca

Hubungi kami : https://studytechnologysolutions.info/contact/

Sekian pembahasan kita pada hari ini.